Tips Membuka Toko Offline dengan Modal Kecil yang Dapat Menjadi Panduan Memulai Bisnis

Tips Membuka Toko Offline dengan Modal Kecil yang Dapat Menjadi Panduan Memulai Bisnis
Tips Bisnis

BeritaUKM,Riau-

Membuka toko offline saat ini memang sudah semakin menipis, sejak adanya toko online yang memudahkan konsumen. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mendirikan toko offline. Akan banyak keuntungan yang didapat dari membuka toko offline. Seperti, konsumen dapat memilih ragam jenis produk sesuai yang diinginkan. Jika ingin membuka toko offline namun kendala modal kecil? Anda dapat melihat beberapa tips berikut ini jika ingin membuka toko dengan modal kecil.

1. Menawarkan Sistem Bagi Hasil

tips-membuka-toko-offline-01-bagi-hasil

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka toko offline dengan modal kecil adalah berbagi tempat dengan pemilik tempat lain yang menyediakan sewa untuk bekerja sama dengan Anda. Tawarannya sistem bagi hasil keuntungan. Selain itu, Anda juga harus bisa meyakinkan mereka dengan menjelaskan peluang dan keuntungan dari bisnis tersebut, agar mereka tertarik untuk kerjasama. Dengan begitu, sedikit peluang akan terbuka untuk mendirikan toko offline. Jangan lupa juga untuk menjelaskan kepada investor, mengenai produk apa yang akan dijual. Kejelasan sebuah produk dagang dapat juga mempengaruhi jalannya bisnis. Tidak hanya, bisnis skala besar saja, melainkan skala kecil juga harus diperhatikan kejelasannya.

Baca juga : Tips Sukses Membangun Bisnis Katering Pernikahan yang Perlu Diketahui

2. Berbagi Tempat Usaha

tips-membuka-toko-offline-02-berbagi-tempat-usaha

Tidak ada salahnya untuk berbagi tempat ketika hendak membuka toko offline. Dengan begini, produk yang dijual semakin terlihat lebih banyak ragam pilihan. Akan tetapi sebaiknya kerjasama berbagi tempat usaha ini tidak pada bisnis yang sama. Jadi menjual barang yang berbeda guna menghindari konflik perdagangan di kemudian hari. Manfaat lainnya, Anda bisa bertukar pikiran, pengalaman, dan membicarakan mengenai keuntungan bisnis dengannya. Berbagi tempat usaha akan meringankan beban biaya sewa setiap bulannya.

3. Buka di Pasar Modern

tips-membuka-toko-offline-03-membuka-di-pasar-modern

Di pasar modern pun, pengunjung cukup banyak. Dari kelas bawah sampai kelas atas, sehingga peluang bisnis Anda akan menjadi lebih luas. Sebenarnya, semua tergantung secerdas apa Anda menawarkan barang atau jasa yang dijual untuk menarik hati pelanggan. Selain itu, pasar modern ini juga menawarkan penyewaan toko dengan harga yang lumayan terjangkau. Anda harus memperhatikan produk apa yang kira-kira cocok di jual. Untuk itu, sangat penting sebelum membuka toko Anda harus memastikan pengunjung di pasar tersebut seperti apa.

4. Cari Tempat Usaha yang Strategis

tips-membuka-toko-offline-04

Tidak semua tempat usaha strategis itu, memiliki biaya sewa mahal. Anda dapat mendapatkan tempat sewa yang strategis namun dengan ukuran agak lebih sedikit kecil. Dengan begitu, biaya yang akan dikenakan relatif lebih murah. Anda dapat memanfaatkan kesempatan seperti ini. Untuk itu, jangan lalai dalam memilih lokasi usaha. Tempat seperti ini sangat paling dicari dan dinanti. Bahkan, Anda dapat memanfaatkan lahan yang ada di depan rumah untuk dijadikan lokasi toko offline.

5. Bergabung dengan Koperasi

tips-membuka-toko-offline-05

Anda dapat juga bergabung dengan penggiat UKM untuk membuka toko offline. Biasanya, ada beberapa koperasi yang menyediakan lahan bagi mereka pebisnis dengan modal kecil. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk kemajuan bisnis. Meski tempat yang disediakan relatif lebih sepi, namun Anda harus berupaya menarik perhatian pengunjung atau calon konsumen.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA