Tips Lengkap Cara Bisnis Cafe Kecil kecilan

Tips Lengkap Cara Bisnis Cafe Kecil kecilan
Tips Bisnis


Tips Lengkap Cara Bisnis Cafe Kecil kecilan – Saat ini bisnis cafe memang sudah menjamur, terlebih di perkotaan. Tapi bukan berarti bisnis ini sudah tidak memiliki prospek. Walaupun persaingan ketat, namun karena pangsa pasarnya luas dan selalu ada sampai kapanpun, maka bisnis ini layak di geluti.

Untuk memulainya dan meminimalisir resiko, sebaiknya bangun bisnis cafe kecil-kecilan dulu. Bila sudah terlihat hasilnya baru di perbesar.

Nah, jika Anda tertarik menggeluti bisnis ini, berikut kami telah rangkum cara bisnis cafe kecil kecilan disertai dengan tips untuk persiapan, rincian biaya yang dibutuhkan, tips sukses dan lainnya. Silahkan disimak :

Persiapan Memulai Bisnis Cafe Kecil kecilan

1. Tekad kuat

Persiapan pertama sebelum memulai bisnis, termasuk bisnis cafe adalah tekat yang kuat. Itu adalah modal awal yang wajib dimiliki karena hal tersebut akan menjadi salah satu penentu kesuksesan Anda.

Bisnis tidak selalu bicara tentang keuntungan, adakalanya Anda harus mampu bertahan dan terbiasa dengan kata rintangan, kegagalan, rugi dan hal buruk lainnya. Jadi, jika diawal sudah punya tekat yang kuat, maka kemungkinan besar bisa melalui hal-hal buruk tersebut.

2. Produk

Setelah punya tekad yang kuat, selanjutnya Anda harus menentukan produk apa yang akan dijual di cafe tersebut. Jenis makanan berat, atau hanya makanan ringan dan berbagai minuman. Harus menjadi keyakinan Anda, bahwa apapun yang akan dijual merupakan produk yang bernilai jual.

3. Modal

Selanjutnya adalah modal. Modal dalam suatu usaha tentunya relatif, besar kecilnya tergantung seberapa besar usaha atau cafe yang dibangun. Jadi pada tahap ini, Anda harus menghitung dan merinci berapa modal yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya sewa lokasi, bangunan, tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan, bahan-bahan makanan atau minuman dan lain sebagainya.

Pastikan modal Anda telah mencukupi untuk biaya tersebut. Sebaiknya masih ada sisa uang sebagai cadangan jika sewaktu-waktu terdapat biaya tidak terduga.

4. Lokasi

Penentuan lokasi juga sangat penting. Karena jika salah menentukan lokasi, bisa membuat usaha yang dijalankan gagal ditengah jalan. Jadi, pastikan mencari lokasi strategis yang cocok dengan produk jualan Anda.

Kebanyakan pelanggan cafe adalah anak muda, maka sebaiknya cari tempat yang tidak jauh dari kampus, atau tempat keramaian lainnya yang mudah didatangi kaum remaja.

5. Tenaga kerja

Terakhir yang harus dipersiapkan adalah tenaga kerja. Tentunya ini disesuaikan dengan kapasitas cafe yang ingin dijalankan. Jika ingin membukanya kecil-kecilan dulu, Anda cukup melibatkan orang rumah, entah itu orang tua, istri atau saudara sebagai tenaga kerjanya.


Tentang Isti RWD