Tips Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik dan Aman

Tips Cara Memilih Bisnis MLM yang Baik dan Aman
Tips Bisnis

1. Memilih Bisnis MLM yang Terdaftar di APLI
APLI merupakan asosiasi penjual langsung indonesia. Lembaga ini yang menjadi wadah semua perusahaan MLM di indonesia. Di indonesia untuk masalah penjualan langsung, memang belum ada aturan hukum yang jelas. Oleh karena beberapa perusahaan mlm membentuk APLI, supaya ada kode etik dalam menjalankan bisnis ini.

Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi penipuan dalam mlm. Perusahaan yang akan mendaftar di APLI, harus memenuhi beberapa persyaratan. Jadi untiuk bisa terdaftar di APLI tidaklah mudah. Perusahaan yang terdaftar di APLI sudah dipasikan keamanannya.

2. Pilih Perusahaan MLM yang Produknya Beragam
Supaya mudah mendapatkan downline atau orang yang ingin membeli produk Anda, lebih baik pilih perusahaan MLM yang menyediakan berbagai jenis produk. Dengan begitu Anda bisa menawarkan banyak barang, tak hanya satu atau dua barang saja. Apalagi jika barang yang dijual merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Misalnya berbagai jenis produk kesehatan, produk kecantikan, dan produk fashion.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas produk yang dijual. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Sebelum gabung di perusahaan itu, Anda bisa mencoba barang yang mereka jual. Jika menurut Anda bagus, barulah bergabung ke bisnis MLM tersebut.

3. Bisnis MLM Harus Memiliki Badan Hukum
Untuk memastikan keamanan dari perusahaan MLM tersebut, pastikan memiliki badan hukum yang jelas. Di indonesia sebuah perusaahaan yang menjalankan sebuah bisnis, harus memiliki badan hukum. Apalagi jika bisnis yang mereka jalankan berskala besar.

Misalnya untuk perusahaan yang berbadan hukum perseroan terbatas (PT), harus memiliki NPWP dan SIUPL. Hal ini bisa anda lihat pada keterangan perusahaan mereka. Dengan adanya badan hukum yang jelas, membuat konsumen yang memakai produk anda lebih aman.

4. Upline Dan Downline Saling Membantu
Pilih perusahaan MLM, yang upline dan downlinenya saling membantu, upline mau mengajarkan sistem yang ada di perusahaaan dan mengajarkan sukses bersama-sama. Ada banyak sekali perusahaan MLM, yang melepaskan downlinenya begitu saja tanpa ada kejelasan. Akhirnya para member baru tidak aktif dan akhirnya berhenti. Padahal ini juga akan merugikan uplinenya.

Jadi pastikan perusahaan MLM tersebut tidak hanya menggunakan downline untuk menjual produk tanpa memberikan pelatihan apapun. Tanpa dibina, diajari ilmu marketing dan lainnya. jadi anda harus memilih perusahaaan MLM, yang memiliki sistem bagus dan mau sukses bersama.

5. Distributor MLM Memiliki Sistem yang Bagus
Untuk menjalankan bisnisnya, perusahaan MLM membutuhkan perusahaan distributor untuk mengirimkan semua produknya. Ketika sebuah perusahan MLM memiiliki distributor yang bagus. tentunya akan mempengaruhi kualitas perusahaan itu sendiri. distributor disini berfungsi untuk mengirimkan barang sampai ke konsumen.

Sumber : maxmanroe.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA