TIPS BISNIS RAIH UNTUNG DI BULAN RAMADHAN

TIPS BISNIS RAIH UNTUNG DI BULAN RAMADHAN
Tips Bisnis


Banyak hal yang dapat dilakukan ketika Bulan Ramadhan tiba. Peluang bisnis yang ditawarkan begitu beragam di bulan suci penuh berkah ini.

Salah satu produk bisnis yang paling laris diburu orang saat Bulan Ramadhan adalah produk kuliner. Loh bagaimana bisa? Bagi sebagian besar orang yang menjalankan puasa tentu merasa harus berbuka puasa dengan hidangan spesial yang berbeda daripada bulan – bulan sebelumnya. Selain itu ada juga yang tidak punya waktu untuk memasak hidangan berbuka puasa.  Banyak orang juga yang tak punya waktu pulang ke rumah untuk berbuka puasa bersama keluarga. Hal tersebutlah yang menjadikan produk kuliner begitu laris diburu orang – orang yang hendak berbuka puasa.

Pada sisi perekonomian, perputaran uang di Bulan Ramadhan terlihat meningkat bahkan hingga berkali – kali lipat. Inilah sebuah peluang emas bagi anda untuk terjun berbisnis. Bagi anda yang ingin mencoba untuk berbisnis dan meraih untung di Bulan Ramadhan ini, anda dapat mencoba berjualan produk kuliner.

Tapi bagaimana cara untuk meraih untung yang besar? Di bawah ini akan kami jabarkan beberapa tips bisnis yang dapat anda coba untuk jalankan.

Tentukan Jenis Kuliner Yang Dijual

Jika anda ingin mencoba peruntungan berjualan di Bulan Ramadhan, anda harus menentukan terlebih dahulu jenis kuliner apa yang hendak anda jual. Usahakan anda menjual jenis kuliner yang unik dan berbeda daripada yang lainnya. Agar tetap bernuansa Ramadhan, tentukan jenis kuliner yang sesuai dengan tema Ramadhan.

Sediakan aneka hidangan tersebut dengan seksama dan stok yang cukup karena biasanya jenis hidangan tersebut baru akan diserbu pembeli saat menjelang waktu berbuka puasa. Pastikan juga stok yang anda sajikan tidak melebihi kapasitas untuk meminimalisir kerugian jikalau produk tersebut tidak habis dibeli orang.

Perhatikan Potensi Produk Kuliner

Potensi produk kuliner yang dimaksud adalah anda harus memerhatikan bagaimana siklus penjualannya. Berapa besar keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda menjual produk tersebut. Jika anda sudah memutuskan hendak berjualan sebuah produk, anda harus mendapat sedikit gambaran mengenai masa depan produk itu.

Tentukan Metode Penjualan

Anda juga wajib untuk menentukan metode penjualan yang hendak anda jalankan. Apakah anda akan menjual kuliner buatan sendiri atau mengambil produk kuliner milik orang lain untuk anda bantu jual. Bisa juga anda menyediakan lapak dan menjual produk – produk kuliner milik orang lain. Selain itu anda juga dapat menjual hidangan kuliner via online dan mengirimkannya menggunakan aplikasi ojek online. Banyak pilihan metode penjualan yang dapat anda lakukan. Jika ditekuni dengan serius dan konsisten, maka keuntungan yang akan anda dapatkan juga lumayan besar.

Tentukan Target Market Yang Tepat

Ketika berjualan, anda harus menentukan target market yang tepat. Jika anda hendak berjualan takjil, maka anda harus tahu siapa yang akan menjadi target market anda.Penikmat takjil tentunya adalah orang – orang yang hendak berbuka puasa, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa banyak juga yang tidak berpuasa untuk ikut membeli dan mencicipi takjil yang anda buat.

Ada hal lain yang berkaitan erat dengan target market. Yaitu berapa harga yang anda patok? Hal itu juga sangat berpengaruh pada penjualan produk anda. Pastikan harga yang anda tetapkan masih masuk dalam rentang keuangan target market anda.

Tentukan Lokasi Penjualan Dari Jauh – Jauh Hari

Persaingan bisnis kuliner saat Bulan Ramadhan begitu ketat. Banyak orang yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk berjualan makanan. Salah satu faktor penentu laris atau tidaknya produk kuliner yang anda jual adalah lokasi berjualan. Jadi setelah anda mengetahui siapa target market yang tepat untuk bisnis anda, pilihlah lokasi yang strategis, mudah terlihat, dan banyak dilalui orang.

Pastikan Visual Hidangan Kuliner Yang Dijual Tampil Menarik

Selain lokasi jualan yang strategis dan rasa makanan yang enak, maka anda juga harus memastikan visual hidangan kuliner yang anda jual tampil menarik. Jika hidangan kuliner anda menarik, maka orang – orang yang awalnya tidak berniat untuk membeli jadi tertarik untuk membeli. Dengan begitu omzet penjualan anda akan meningkat dan keuntungan yang akan anda raup semakin besar.

Buatlah Promosi Bertema Ramadhan

Agar bisnis kuliner anda diketahui secara luas oleh banyak orang, anda juga dapat melakukan promosi bertema Ramadhan. Promosi ini dapat anda bedakan menjadi dua yaitu secara online ataupun offline. Promosi secara online, anda dapat mempromosikan jualan anda melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram. Jangan lupa buatlah desain konsep yang spesial bertema Ramadhan.

Jika anda ingin berpromosi secara offline, pada tempat makan konsumen, anda dapat menambahkan ornament yang Islami dan khas Ramadhan seperti ornament ketupat, bedug, dan sebagainya. Anda juga dapat menyebarkan flyer atau brosur yang bertema Ramadhan.

Membuat Paket Bundling Ramadhan

Tips lainnya yang dapat anda terapkan pada bisnis kuliner anda agar dapat meraih untung saat di Bulan Ramadhan adalah dengan membuat Paket Bundling Ramadhan. Satukan dua atau tiga produk kuliner, beri harga khusus. Jangan lupa untuk memberitahu konsumen anda bahwa Paket Bundling tersebut hanya berlaku saat Bulan Ramadhan saja. Dengan begitu konsumen anda akan penasaran mengenai Paket Bundling Spesial Ramadhan tersebut.

Pastikan Anda Lebih Unggul Dari Pesaing Anda

Persaingan bisnis kuliner saat Bulan Ramadhan biasanya lebih ketat jika dibandingkan pada bulan – bulan lainnya. Meskipun banyak pesaing, jangan berkecil hati dahulu. Atur strategi berjualan yang baik dan jadilah lebih unggul dibandingkan dengan pesaing anda. Pelajari kelemahan pesaing, lalu buatlah point yang menyatakan bahwa bisnis anda lebih baik dibandingkan mereka. Jadilah unggul untuk menarik minat konsumen.

 

Rencanakan Keuangan Dengan Baik

Point yang sangat vital dalam berbisnis adalah perencanaan keuangan yang tepat. Karena selaris apapun dagangan anda, namun jika anda tidak merencanakan keuangan anda dengan baik, maka keuntungan yang anda raih akan menghilang begitu saja. Perhatikan perhitungan modal yang harus anda keluarkan, catat rincian modal yang wajib anda keluarkan setiap saat, bandingkan dengan harga jualnya. Setelah itu catat keuntungan yang masuk secara berkala, lalu sisihkan sebagian untuk modal berjualan pada hari berikutnya. Dengan perencanaan keuangan yang baik, maka keuntungan yang anda dapatkan akan tercatat dengan baik.

Itu dia tips – tips yang sekiranya dapat membantu anda dalam berbisnis kuliner dan meraih untung besar di Bulan Ramadhan. Semuanya adalah tentang melihat peluang dan memanfaatkannya dengan baik agar pundi – pundi rupiah mengalir ke kantung anda. Bulan Ramadhan adalah bulan baik yang penuh limpahan berkah. Bagaimana? Sudah siap untuk berbisnis?  Bisnis apakah yang paling menarik minat anda untuk anda jalankan?

Source : www.nadipos.com


Tentang Isti RWD