Tips Bisnis Daging Sapi

Tips Bisnis Daging Sapi
Tips Bisnis


BeritaUKM – Bisnis daging sapi. Mendengar jenis bisnis ini mungkin sebagian dari anda akan berfikir ulang bagaimana menjalankan bisnis ini dengan baik. Mengingat harga daging sapi di pasaran tidak stabil, banyak kompetitor, selera masyarakat yang berbeda, serta pasar yang sempit.

Belum lagi biaya operasional yang harus disiapkan untuk menjaga kualitas daging supaya tetap baik, misalnya seperti menjaga kebersihan kandang, menyediakan jenis pakan, serta nutrisi tidaklah sedikit. Apabila biaya pengeluaran tidak seimbang dengan biaya pemasukan yang dikeluarkan untuk memberikan kualitas daging yang baik, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan yang serius bagi para pebisnis daging sapi.

Banyaknya permasalahan mengenai bisnis daging sapi, nyatanya tidak menjadi halangan bagi beberapa pebisnis daging sapi yang masih tetap konsisten menjalankan bisnis ini hingga sekarang. Orang-orang seperti ini biasanya akan bekerja keras dan tidak akan mudah menyerah meskipun banyak kendala dalam menjalankan usahanya.

Anda yang tertarik mencoba keberuntungan dengan membuka bisnis daging sapi pun diharapkan untuk selalu yakin dengan apa yang akan anda kerjakan, karena bisnis tanpa kendala itu seperti sayur tanpa garam yang tidak akan ada rasanya. Tanpa kendala anda juga tidak akan bisa berkembang dan mencoba hal baru.

Nah, bagi anda yang berniat mencoba membuka bisnis daging sapi, berikut sedikit tips bisnis daging sapi yang bisa anda ikuti :

1. Patuhi Aturan Pemerintah

Tips pertama yang harus anda perhatikan adalah tetap mematuhi peraturan pemerintah. Saat ini pemerintah memang masih mempertahankan import daging sapi. Ikuti aturan yang telah ditetapkan, karena jika tidak bisnis daging anda tidak akan berjalan dengan baik.

Terlebih jika pemerintah sudah menjalankan swasembada sapi local, maka peluang anda di pasar akan mati total. Jika sudah begini, anda akan kehilangan banyak kesematan untuk berbisnis. Tidak hanya anda, para pebisnis daging sapi lainnya pun juga bisa gulung tikar.

2. Manfaatkan Peluang

Saat ini bisnis daging sapi memang sangat menggiurkan. Apalagi jenis sapi import. Bagaimana tidak, harga daging sapi import sekarang berkisar Rp 40 ribu / Kg. sedangkan harga di pasaran Indonesia Rp 90 rb – Rp 100 rb / kg. jika anda mendapat suplai minimal 1000 kg, sudah berapa puluh juta keuntungan yang anda dapatkan.

Kondisi seperti ini memang tidak akan selalu terjadi setiap saat, namun jikapun benar terjadi, maka anda bisa memanfaatkan peluang dengan meminta suplai daging sebanyak mungkin.

3. Atur Strategi

Selain peluang, strategi juga berperan sangat penting dalam bisnis ini. misalnya saja, anda bersama dengan beberapa pebisnis daging sapi lainnya, mencoba membuat kondisi dimana pasokan daging sedang langka pada beberapa waktu tertentu. Ketika pasar sedang berteriak, anda bisa mencoba menyampaikan ke pemerintah untuk membuka kuota import. jika kelangkaan benar terjadi, tidak ada yang bisa dilakukan pemerintah kecuali menyiapkan BUMN sebagai importir

4. Persaingan Dengan Pebisnis Daging Sapi Lain

Tips keempat ini bisa menjadi salah satu hal yang benar-benar harus anda pertimbangkan dengan matang. Para pebisnis lama, secara umum sudah mengetahui seluk-beluk, strategi dan lain sebagainya tentang soal import daging.

Tidak hanya itu, mereka juga sudah menjalin kerjasama secara baik dengan para pengimpor daging dari luar. Oleh sebab itu, supaya anda tidak terlampau jauh dengan mereka, berusahalah untuk bisa kerjasama dengan mereka. Meskipun akan membutuhkan waktu lama, namun proses ini harus anda ikuti.

Jika kerja sama yang terjalin sudah baik, bukan tidak mungkin anda akan mendapat peluang keuntungan yang lebih besar.

5. Jangan Lupa Bayar Pajak

Besarnya laba yang mungkin akan anda dapat mungkin tidak akan sebanding dengan beban pajak yang harus anda keluarkan. Meskipun begitu, sebagai pengusaha jangan sampai anda lalai dalam menjalankan kewajiban ini .

Semoga informasi mengenai tips bisnis daging sapi ini bermanfaat untuk Anda semua..


Tentang Isti RWD