Sukses Merintis Bisnis bagi Para Pemula

Sukses Merintis Bisnis bagi Para Pemula
Tips Bisnis

1. Cari Tahu Pengetahuan Bisnis Sebanyak-Banyaknya

Persoalan utama yang umumnya dialami pengusaha pemula ialah wawasan atau pengetahuan bisnis yang kurang matang dan sempurna. Pengetahuan bisnis ini di antaranya soal bagaimana memulai bisnis, membuat rencana sederhana, merancang marketing yang tepat, branding, pengemasan, distribusi produk, hingga hal yang sederhana dan administrasi perusahaan.

Sering kali pengusaha pemula tidak memiliki banyak tahun tentang dasar-dasar pengetahuan bisnis. Padahal ini merupakan investasi utama dan sangat berharga untuk keberlangsungan bisnis.

Sumber pengetahuan bisnis ini bisa dengan mudah didapatkan. Bisa dengan mengikuti seminar bisnis atau forum pengusaha muda. Terlebih kini akses informasi melalui internet sangat mudah. Semua pengetahuan bisnis ini pun bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Kita juga bisa bergabung dengan komunitas wirausaha untuk mendapatkan ilmu-ilmu soal bisnis dari yang sudah berpengalaman.

2. Bangun dan Luaskan Pasar serta Distribusi

Banyak faktor penentu apakah suatu produk laris atau tidak laku. Mulai soal promosi ke calon konsumen atau alur marketing produk. Namun, faktor terpenting laku tidaknya produk bergantung pada lokasi berjualan dan distribusi produk hingga sampai ke konsumen.

Sering kali kendala yang dihadapi pengusaha kecil adalah keterbatasan modal untuk membuka toko sendiri atau melakukan distribusi agar produk bisa dilihat dan dibeli konsumen.

Keterbatasan ini bisa ditangani dengan memanfaatkan teknologi internet yang kini sedang tren. Pengusaha pemula sebaiknya juga mengembangkan pemasaran dan branding secara online ke semua media sosial dan media pemasaran internet, termasuk menggunakan platform toko online.

Dengan pemasaran secara online, kita dapat memasarkan produk tanpa batasan geografis. Tentu sangat menguntungkan bagi pengusaha pemula. Hanya, kita perlu membangun jaringan pemasaran online dengan baik supaya pencarian produk konsumen selalu mengarah ke produk kita.

3. Kelola Modal dengan Manajemen Cash Flow

Mengawali bisnis memang membutuhkan modal dan investasi. Supaya bisnis terus berjalan dan berkembang, modal pun harus dikelola dengan baik. Jangan sampai terlalu banyak pengeluaran sampai-sampai modalnya didapat dari meminjam, tetapi bisnis belum menghasilkan profit yang dapat menutupi utang.

Alangkah baiknya memiliki modal sendiri untuk mendanai bisnis yang dijalankan. Namun, ada saat tertentu, pinjaman benar-benar dibutuhkan dan mengambil pinjaman bukanlah sesuatu yang salah.

Manajemen keuangan yang baik adalah dengan berfokus pada penjualan dan bagaimana menerapkan cash flow dengan baik. Bila mendapatkan keuntungan, sebagian bisa digunakan untuk peningkatan bisnis agar bisa lebih besar sehingga pendapatan pun meningkat. Pinjaman untuk bisnis berangsur-angsur terbayar hingga lunas.

4. Menfaatkan Teknologi yang Sedang Menjadi Tren

Zaman modern saat ini dengan kemajuan teknologi, ketersediaan internet, dan dunia digital juga menguntungkan pengusaha pemula. Meskipun pengusaha kecil, dengan kekuatan teknologi kita tetap bisa bersaing dengan pengusaha besar yang sudah punya nama. Dalam hal ini, diperlukan kejelian menggunakan teknologi yang ada.

Syaratnya cukup mudah. Kita cukup investasi perangkat komputer ataupun smartphone. Tidak perlu canggih, cukup yang bisa mengoperasikan dengan baik beberapa perangkat lunak yang sering digunakan.

Sumber : cermati.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA