Ingin Sukses Berdagang? Berikut Cara Sukses Usaha Dagang Bagi Pemula

Ingin Sukses Berdagang? Berikut Cara Sukses Usaha Dagang Bagi Pemula
Tips Bisnis


BeritaUKM – Apakah Anda ingin sukses berdagang? Jawabannya pasti iya. Semua orang pasti ingin sukses dalam menjalankan bisnis dagang.

Berkaca dari perkembangan zaman sekarang ini, ternyata begitu banyak peluang usaha baru yang terus terbuka. Jadi, tidak ada kata terlambat, semakin cepat kita mengambil peluang maka semakin baik.

Dan nyatanya…

Peluang itu tetap ada sampai kapan pun. Tugas kita sebagai entrepreneur adalah menemukan peluang tersebut.

Sebagai seorang pedagang, harus memiliki pola pikir sukses, selalu fokus pada strategi dagang, selalu membuka telinga untuk mendengar informasi dan selalu bekerja cerdas.

Nah agar lebih mudah, berikut ini ada beberapa kiat dagang yang sukses

1. Menjaga nama baik

Menjaga nama baik memiliki peranan yang sangat penting. Nama baik sangat erat kaitannya dengan reputasi nama brand Anda di mata pelanggan.

Menjaga nama baik harus dilakukan sejak awal menjalankan bisnis dagang Anda. Karena hal ini akan memberikan dampak yang luar biasa pada perkembangan bisnis Anda dimasa yang akan datang.

Menjaga nama baik memang bukan pekerjaan yang mudah. Akan tetapi kita bisa mewujudkan hal tersebut dengan berbagai cara seperti:

  • menjaga kualitas produk
  • Ramah dalam pelayanan
  • Tepat waktu ketika menyelesaikan orderan
  • Jujur
  • dan lain sebagainya.

2. Harga yang bersahabat

Banyak sekali pedagang pemula yang salah ketika memulai usaha dagang mereka. Mereka ingin memperoleh untung besar dengan harga yang mahal.

Padahal cara tersebut kurang dianjurkan.

Jika kita masih pemula dalam berdagang, usahakan harga yang ditawarkan merupakan harga yang bersahabat, yang penting masih memberikan keuntungan.

Utamakan kenalan untuk memperluas mitra terlebih dahulu. Cara ini sangat efektif untuk memperbesar skala penjualan dimasa yang akan datang.

Lalu bagaimana jika modal yang ada tidak terlalu besar?

Bagi Anda yang memulai usaha dagang dengan modal sendiri dan tidak terlalu besar harus bersabar terlebih dahulu di tahap awal. Nah agar keuntungan terus meningkat maka kita perlu memperbanyak pelanggan atau mitra.

Tahukah Anda bahwa peluang selalu muncul dari mitra mitra yang Anda kenal?

Dari mitra  biasanya selalu muncul peluang baru, biasanya terbentuk kerja sama dagang yang luar biasa besar. Asalkan kita tahu bagaimana cara membangun komunikasi yang baik.

3. Mulai dari yang sederhana pada orang di sekitar kita

Sebagai pemula tentu tidak langsung berdagang ekspor impor. Anda bisa memulai usaha dagang pada orang terdekat disekitar lokasi Anda. Selanjutnya setelah pengalaman dan kenalan bertambah, Anda bisa merambah ke luar daerah hingga antar provinsi.

Proses ini tentu tidak langsung jadi, perlu pengalaman dan kenalan, perlu teknik khusus dalam membuat perjanjian dagang dan lain sebagainya.

Untuk itu pada tahap awal, Anda dapat mencoba usaha dagang di lingkungan sekitar saja terlebih dahulu sambil mencari informasi dagang luar daerah.

Cara ini cukup efektif untuk melatih mental dan melatih kemampuan komunikasi. Sama seperti latihan olah raga, semakin sering Anda latihan maka otot Anda akan semakin kuat pula.

4. Menguasai Pasar

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama diatas. Agar mampu menguasai pasar, Anda harus memiliki reputasi yang baik atau memiliki nama baik terlebih dahulu.

Menguasai pasar artinya Anda mampu menjadi orang yang dipercaya untuk memasok barang dagangan kepada para pedagang lain. Hal ini terbukti cara sukses para pedagang yang ada sekarang ini.

Modal besar memang menjadi peranan penting, tapi dengan adanya nama baik, Anda dapat membuat beberapa perjanjian untuk melaksanakan proses dagang skala besar. Bahkan tak jarang para pedagang dapat melakukan transaksi dagang tanpa modal besar pada suatu produk. Karena mereka dipercaya oleh para suplier.

Itulah alasan yang paling kuat mengapa menjaga nama baik itu penting. Hal ini sudah dijelaskan pada poin pertama diatas tadi.

5. Merubah pembeli menjadi mesin promosi

Anda tentu bisa langsung mengerti maksud dari poin nomor 4 ini. Yaitu menjadi pelanggan Anda sebagai agen promosi.

Cara ini cukup efektif untuk menjadikan usaha dagang Anda berkembang dengan pesat. Anda dapat menerapkan beberapa strategi ketika ingin merubah pelanggan menjadi agen promosi. Strategi seperti memberikan persentase keuntungan ketika mereka mampu meraih pelanggan baru, memberikan bonus bagi mereka  yang setia membeli, memberikan pelayanan ekstra dan lain sebagainya.

Semakin banyak orang  yang mempromosikan produk Anda itu lebih baik. Jangan pernah takut berbagi keuntungan, semakin besar skala dagang Anda, semakin besar pula keuntungan Anda.

Prinsip pedagang sukses adalah memperbanyak mitra kerja. Tak percaya, coba Anda perhatikan para pedagang dari tirai bambu, mereka lebih mengutamakan kuantitas dan mitra. Cara ini patut ditiru agar kita juga mampu bersaing dengan para pedagang sukses tersebut.


Tentang Isti RWD