Cara Sukses Promosi Produk Agar Sold Out dengan Mudah

Cara Sukses Promosi Produk Agar Sold Out dengan Mudah
Tips Bisnis

BeritaUKM, Riau – Tahukah Anda bahwa kunci keberhasilan untuk meningkatkan hasil penjualan yang tinggi terletak pada bagaimana cara promosi?

Ya!! Cara promosi sangat mempengaruhi hasil penjualan produk. Apa jadinya jika produk Anda berkualitas tapi tak diketahui orang atau malah orang tidak tertarik. Sungguh sangat sayang sekali bukan?

Semakin jago Anda menerapkan strategi promosi, maka semakin besar peluang produk Anda laris manis dengan tingkat penjualan yang tinggi di pasaran. Apapun bidangnya, seperti bagi seorang sales, produk rumahan,bisnis online, pakaian, jasa, industri UKM, kerajinan dll.

Ada lagi yang paling penting…

Masing – masing bisnis punya model dan cara tersendiri, punya kriteria sendiri. Sehingga, Anda perlu mahir untuk memilih dan menilai.

Saya yakin Anda merupakan orang yang jenius sehingga bisa mencari solusi terbaik bagi kelancaran bisnis Anda. Nah berikut ini beberapa gambaran promosi hebat yang bisa Anda terapkan.

1. Teknik Klasik Tapi Menarik Yaitu Tentang Diskon

Contoh diskon ganda

Walaupun terbilang klasik, teknik memberikan diskon ternyata memberikan kekuatan tersendiri. Selain memberikan diskon langsung, Anda bisa mencoba teknik diskon ganda. Berikut ini contohnya.

Contoh Diskon Ganda

Teknik double diskon atau diskon ganda dapat membuat calon konsumen berfikir untuk membeli produk Anda. Ini terkait dengan AIDA ( Awareness, Interest, Desire, Action)

Anda tentu pernah melihat tower display yang tertulis “Diskon 40% + 30%”. Mungkin sebagian dari calon konsumen langsung bergumam, wow 70% dong. Padahal tidak demikian cara menghitungnya.

Coba hitung dengan cara sederhana saja. Misal harga jam tangan Rp 100.000, diberi diskon ganda 40%+30%. Caranya kita cari dulu potongan 40% yaitu = 40% x Rp 100.000 = Rp 40.000. Dengan demikian harga jam tangan setelah diskon 40% menjadi Rp 100.000 – Rp 40.000 = Rp 60.000.

Kemudian hitung diskon kedua 30% dengan cara perhitungan = 30% x Rp 60.000 = Rp 18.000. Sehingga harga sebenarnya menjadi Rp 60.000 – Rp 18.000 = Rp. 42.000

2. Trial (Percobaan) Tak Kenal Maka Tak Cinta

Tak kenal maka tak cinta, jargon yang cocok untuk jenis promosi seperti ini. Anda bisa memberikan versi gratis atau trial (percobaan) terlebih dahulu dengan fitur awal. Setelah konsumen membeli, maka fitur utama dapat diaktifkan.

Metode promosi ini sering kita jumpai pada produk digital seperti aplikasi database akuntansi, program kasir, dan jenis produk aplikasi lainnya.

Versi trial memberikan kesempatan pada calon konsumen Anda untuk mencoba performa produk yang Anda tawarkan. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk meyakinkan konsumen.

Jika produk Anda berupa makanan atau parfum, sediakan juga produk yang bisa di test oleh konsumen. Sehingga konsumen dapat mengetahui rasa atau bau dari parfum tersebut.

3. Berikan Bonus Agar Mereka Semakin Tertarik

Teknik yang satu ini pasti sangat familiar di telinga kita semua. Ya, memberikan bonus merupakan salah satu cara promosi yang efektif.

Misalkan kita sering menemui kata – kata beli satu bonus satu, atau 2 in one dan lain sebagainya. Contoh tersebut termasuk kedalam bonus.

Contoh lainnya adalah dengan memberikan CD berupa panduan, memberikan tutorial gratis dan berbagai jenis support bonus lainnya yang mendukung produk utama Anda. Bonus semacam ini bisa memberikan nilai instrinsik pada produk yang Anda jual. Ada semacam rasa puas dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

4. Berikan Service Untuk Memenangkan Persaingan Pasar

Mengapa sebuah perusahaan dapat memenangkan persaingan? Biasanya karena adanya layanan atau service yang dapat memberikan rasa aman dan puas dari konsumen. Metode ini bahkan bisa memberikan promosi gratis. Mengapa bisa seperti itu? Ketika produk Anda memang berkualitas, maka kabar kualitas produk Anda tersebut bisa menyebar dikalangan masyarakat. Ada beberapa metode servis yang kita kenal yaitu :

  • Menyediakan pemasangan secara gratis
  • Perawatan secara berkala
  • Adanya kontak customer service
  • dll

5. Buat Sistem Membership Agar Konsumen Merasa Bagian dari Bisnis Anda

Hubungan dengan konsumen bisa menjadi lebih dekat ketika konsumen merasa menjadi bagian dari bisnis Anda. Seperti dengan menawarkan program membership atau keanggotaan. Selain itu, dengan membership Anda bisa menambahkan beberapa teknik promosi seperti:

  • Memberikan diskon khusus bagi member
  • Memberikan bonus spesial bagi member
  • Menyediakan fitur berlangganan
  • dan lain sebagainya.

6. Hadiah atau Cendramata Membuat Konsumen Semakin Loyal

Salah satu teknik klasik yang masih oke untuk diterapkan adalah memberi tambahan hadiah pada pembeli. Anda dapat memberikan cenderamata berupa kalender, cd panduan dan berbagai produk cenderamata lain yang membawa nama brand produk Anda.

Sebagai contoh, menyebarkan kalender, jam dinding dll, sekaligus memasang banner produk dan brand merupakan cara ampuh agar produk brand Anda sering dilihat. Kalender biasanya ditempel di dinding, jadi kesempatan banner Anda dilihat sangat besar.

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU