Cara Sukses Memulai Usaha Kue Kering

Cara Sukses Memulai Usaha Kue Kering
Tips Bisnis

Berikut cara sukses usaha kue kering dengan modal kecil yang bisa Anda coba mulai dari sekarang.
1. Ilmu Membuat Kue kering
Sebelum Anda memulai, ada satu hal penting yang harus Anda kuasai. Hal ini adalah tentang keterampilan Anda membuat kue kering. Apakah Anda sudah bisa? Berapa macam jenis kue yang sudah Anda buat? Apakah Anda sudah bisa membuatnya dengan bentuk yang menarik?

Jika jawaban Anda adalah “BELUM”, maka Anda butuh waktu untuk belajar terlebih dahulu bagaimana cara untuk membuat kue kering. Anda bisa belajar melalui youtube, membaca buku memasak atau pun dengan mengikuti training pembuatan kue.

Cara pembelajaran yang paling disarankan adalah cara ketiga yaitu mengikuti training pembuatan kue. Meskipun memakan biaya lebih mahal di awal, namun sebenarnya Anda menghemat banyak waktu, uang serta tenaga untuk trial and error.

Dengan mengikuti training pembuatan kue, Anda langsung bisa membuat kue dengan baik. Namun jika modal Anda sangat menipis, Anda bisa belajar membuat kue kering melalui video youtube. Banyak channel tentang membuat kue yang bisa Anda ikuti.

Misalnya seperti channel Resep Masakan Nusantara. Berikut contoh video pembuatan kue kering ala channel tersebut.

2. Memilih Jenis Kue Kering yang Akan di Jual

Jenis kue kering ada banyak macamnya. Misalnya seperti nastar, kue kacang, putri salju, kastengel, lidah kucing, kue semprit, kue cornflakes dan masih banyak yang lainnya. Mungkin Anda bisa membuat aneka macam kue kering tersebut. Namun, jika Anda berniat untuk berjualan kue kering, sebaiknya Anda jangan bernafsu untuk menjual segala macam kue tersebut.

Akan lebih baik jika Anda memilih 2-4 macam kue terlebih dahulu untuk dijual. Pilihlah yang paling laris di daerah Anda. Sehingga kemungkinan mendapatkan konsumen lebih besar.

Sebaiknya jenis kue yang Anda pilih juga sudah Anda kuasai dengan baik. Sehingga kualitas rasa dan tampilan kue benar-benar yang terbaik.

3. Gunakan Resep Terbaik
Agar Anda mendapatkan kualitas rasa yang benar-benar enak, maka Anda harus menggunakan resep terbaik untuk kue Anda. Disinilah Anda harus terus belajar untuk membuat kue yang lezat.

Jika dirasa resep dari pelatihan kue yang Anda ikuti masih ada kekurangan. Maka Anda perlu mencari sendiri resep terbaik untuk kue kering Anda. Misalnya dengan memadukan resep yang Anda dapat daro pelatihan membuat kue dengan resep dari sumber lain.

Coba Anda kumpulkan beberapa macam resep kue dari berbagai sumber seperti buku resep masakan atau browsing di internet. Salah satu situs populer membahas tentang resep masakan adalah cookpad.com. Disana Anda akan menemukan berbagai resep yang Anda inginkan.

4. Kreasikan Tampilan Kue

Selain rasa kue yang enak, menjalankan usaha kue kering juga memerlukan kreasi tampilan bentuk kue yang unik. Coba ketika Anda pertama kali ingin membeli kue kering toplesan di sebuah toko kue. Hal pertama yang membuat Anda tertarik tentu tampilan kue tersebut tanpa Anda tahu kue itu enak atau tidak.

Disinilah peran tampilan kue untuk mendongkrak penjualan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda berinovasi dengan membuat tampilan kue yang menarik. Misalnya dari bentuk dan hiasannya. Dengan begitu konsumen akan lebih memilih membeli kue kering buatan Anda.

Sumber : matahidup.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA