Sabtu, 29 Juni 2019 16:53:10
Dilihat sebanyak 375 kali

Cara Pengusaha Meningkatkan Produktivitas yang Patut Ditiru

Cara Pengusaha Meningkatkan Produktivitas yang Patut Ditiru
Tips Bisnis

1. Fokus Pada Satu Hal

Banyak orang berpikir menjadi seorang multitasking adalah hal yang luar biasa. Membayangkan diri Anda sebagai orang yang hebat dan mampu menyelesaikan segala tugas. Namun tak sedikit pengusaha justru dibuat berantakan dengan ambisinya menjadi seorang yang multitasking.

Ada baiknya kerjakan satu tugas pada satu waktu. Fokus pada apa yang Anda kerjakan memungkinkan pekerjaan cepat selesai, sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Memberikan perhatian penuh sangat penting agar pekerjaan selesai dengan hasil maksimal.

2. Bangun Lebih Pagi

epatah mengatakan “Bangunlah lebih pagi agar rezeki tak dipatok ayam” sebenarnya sangatlah tepat. Dengan bangun lebih pagi, maka tidak ada sedikitpun waktu yang terbuang berada di atas kasur. Anda dapat melakukan banyak hal yang dapat meningkatkan kualitas diri.

Di pagi hari Anda dapat olahraga, membaca berita atau kabar terhangat dan menyantap sarapan agar tetap bertenaga selama beraktivitas. Dengan bangun lebih pagi, Anda tidak akan terburu buru dalam melakukan sesuatu.

3. Buatlah Skala Prioritas

Semua tujuan yang ingin Anda capai pasti memiliki tingkat keutamaannya. Maka dari itu, sedari awal susun skala prioritas agar Anda dan tim tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dan mana yang setelah itu harus dikerjakan.

Skala prioritas ini dibuat harus berdasarkan keputusan seluruh tim. Agar saat mengerjakan nanti tim Anda tahu mana yang harus diutamakan untuk dikerjakan dan kepada siapa harus bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

4. Kerja Tim

Sekalipun Anda adalah pemilik usaha, bukan berarti Anda harus mengerjakan seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis Anda. Lebih baik pakai dana untuk investasi dalam hal sumber daya manusia. Carilah pegawai yang menurut Anda dapat diandalkan.

Dengan berinvestasi dalam hal SDM, maka Anda dapat menggunakan pikiran dan fisik Anda untuk memikirkan hal yang lebih baik bagi bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap harus fokus kepada visi dan misi dari bisnis itu.

5. Ingat dengan Tujuan Utama

Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap harus fokus dan ingat apa yang menjadi tujuan dari bisnis Anda, apa yang Anda harapkan dari bisnis ini. Dengan selalu ingat apa tujuan utama, akan membantu Anda untuk melihat apa yang penting dan tidak penting untuk bisnis Anda, sehingga lebih produktif.

6. Sertakan Hobi dalam Pekerjaan

Tak akan ada habisnya jika berbicara soal pekerjaan, apalagi tanggung jawab dalam bisnis yang Anda jalankan. Sekalipun Anda tak menyukai tanggung jawab itu, namun tetap saja harus dikerjakan. Namun, tak ada salahnya bahwa mengerjakan sesuatu yang kita sukai pasti lebih baik dikerjakan.

Ketika tidak menikmati apa yang kita kerjakan, maka bisa jadi hasilnya tak akan maksimal dan itu berarti Anda menjadi orang yang tak produktif. Maka dari itu, sesekali selipkan hobi pada bisnis Anda. Buatlah dan nikmatilah pekerjaan Anda seakan melakukan hobi Anda

Maka tak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda niat dan semangat menjadi pengusaha. Lakukan cara-cara tersebut di atas hingga akhirnya menjadi kebiasaan Anda. Ingatlah kebiasaan baik akan membawa Anda ke hidup yang lebih baik

Sumber : cermati.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA