Cara Mudah Memulai Dan Membangun Peluang Usaha Kontraktor

Cara Mudah Memulai Dan Membangun Peluang Usaha Kontraktor
Tips Bisnis

BeritaUKM – Selain emas, biasanya orang-orang akan memilih untuk berinvestasi dengan sebidang tanah. Dimana lewat tanah tersebut, orang-orang bisa memilih untuk membangun sebuah rumah untuk dirinya sendiri, ataupun membangun rumah untuk dikontrakkan. Melihat fenomena investasi tersebut, maka peluang usaha untuk bidang kontraktor pun semakin besar.

Tanah yang dulunya tidak produktif, dengan seketika bisa di sulap oleh para pengembang untuk dijadikan sebuah lahan komplek perumahan. Dan untuk membangun komplek perumahan tersebut dibutuhkanlah seorang kontraktor yang handal.

Apa yang dimaksud dengan kontraktor?

Secara umum, kontraktor berasal dari sebuah kata ‘kontrak’ yang merujuk kepada sebuah perjanjian ataupun kesepakatan, atau juga bisa berarti sewa. Dengan demikian, maka kontraktor bisa diartikan sebagai seseorang ataupun suatu badan hukum yang ditunjuk untuk menjalankan sebuah pekerjaan berdasarkan permintaan dari si pemilik proyek ataupun instansi secara resmi.

Dan secara spesifik, maka kontraktor bisa berarti sebuah perusahaan ataupun perseorangan yang dapat mengawasi jalannya sebuah konstruksi bangunan. Dengan memiliki sebuah tim yang terdiri dari beberapa ahli di bidang bangunan, maka kontraktor bisa menjalankan tugasnya untuk mengawasi jalannya pembangunan.

Lantas, bagaimana jika kamu ingin memulai menjalankan peluang usaha yang satu ini? Maka jawabannya adalah, kamu harus memiliki pengalaman terlebih dahulu di bidang industri. Jika kamu belum memilikinya, maka ada baiknya untuk kamu mengikuti orang yang lebih dahulu berpengalaman selama beberapa tahun. Dan untuk melengkapi perbekalan kamu untuk membangun sebuah peluang usaha kontraktor, beberapa tips, antara lain:

  • Ikuti orang lain terlebih dahulu

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, bahwa jika kamu belum memiliki pengalaman yang cukup di bidang konstruksi, maka kamu harus mengikuti orang-orang yang lebih dulu terjun untuk mengambil ilmu yang dimiliki. Idealnya, kamu harus ikut selama 1 hingga 5 tahun, agar mendapatkan dasar ilmu yang dibutuhkan. Setelahnya, barulah kamu bisa mencari tim yang kuat dan solid.

  • Membina hubungan yang baik dengan relasi

Jika sudah memiliki sebuah tim kecil yang diinginkan, maka saatnya untuk mencari klien. Di tahap ini kamu harus mampu membina hubungan baik antar relasi seperti misalnya dengan pemasok bahan bangunan, arsitek, dan lain sebagainya. Syarat utama yang harus kamu penuhi adalah memegang kepercayaan mereka dengan cara memberikan kualitas terbaik serta pengerjaan yang tepat waktu.

  • Mengurus izin usaha

Sembari mencari relasi sebanyak-banyaknya, maka kamu harus mengurus izin usaha. Hal ini menjadi kewajiban jika kamu menginginkan usaha yang dijalankan terus berjalan dengan aman. Tak hanya izin usaha dari pemerintah, kadangkala ada beberapa izin lainnya khusus usaha kontraktor yang harus kamu penuhi.

  • Memperbanyak tender sebuah proyek

Selain mencari relasi sebanyak-banyaknya, kamu pun juga harus rajin mengikuti tiap tender proyek yang ada. Jadilah seorang pengusaha yang proaktif untuk mendapatkan setiap peluang yang ada. Dengan begini, reputasi dari bisnis kontraktor kamu akan terus menyebar.

  • Membuat sebuah sistem program yang matang

Dalam dunia kontraktor, setiap program yang ada sangat mempengaruhi jalannya operasional kerja. Salah satunya seperti program pencatatan RAB di tipa proyek, laporan rutin setiap progress jalannya proyek, catatan keluar masuk barang, laporan keuangan, dan  lain sebagainya. Dengan membuat sistem secara baik dan benar, maka usaha yang dijalankan juga akan menjadi lebih mudah.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara mudah memulai dan membangun sebuah peluang usaha kontraktor. Lantas bagaimana? Berniat untuk mencoba?

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU