Rabu, 16 Januari 2019 10:52:11
Dilihat sebanyak 489 kali

Cara Mudah membangun bisnis Hotel Dari Nol Bagi Pemula

Cara Mudah membangun bisnis Hotel Dari Nol Bagi Pemula
Tips Bisnis

BeritaUKM – Usaha di bidang travel adalah usaha yang sangat laris di Indonesia. Karena selain Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak terbatas, era sosial media juga sangat mendorong masyarakat untuk bepergian ketika liburan datang. Di zaman sekarang, orang-orang bersemangat pergi liburan tak hanya untuk sekedar melepas penaat, namun juga untuk berfoto ria dan memposting foto liburannya ke media sosial.

Salah satu bisnis yang paling laris di bidang travel adalah penginapan. Bagi anda yang sudah memiliki bangunan atau rumah di lokasi yang strategis baik itu di kota besar ataupun di kota wisata, mengelola usaha penginapan adalah usaha yang cocok untuk anda. Nah, untuk lebih meyakinkan anda, berikut ini beberapa cara untuk membangun bisnis penginapan dari nol bagi pemula.

1.   Lakukan riset

Sebelum membangun, anda harus lakukan riset terhadap target/market yang ingin di tuju. Jika bangunan terrdapat di kota wisata maka targetnya adalah para wisatawan. Jika ada di dekat kampus maka targetnya adalah mahasiswa. Namun jika ada di kota-kota besar maka targetnya adalah pekerja kantoran.

2.   Pertimbangkan harga

Ini wajib anda pikirkan jika belum memiliki tanah atau bangunan. Pertimbangkanlah harganya, apakah berbanding lurus dengan peluang usaha yang akan dihasilkan? Selalu pilihlah tanah atau bangunan sesuai dengan market yang ingin di tuju.

3.   Beli properti sesuai kondisi finansial

Apabila dana anda terbatas, tidak perlu sampai membeli/membangun usaha penginapan yang terlalu besar. Alangkah lebih baik membangunnya dengan pelan-pelan.

4.   Kebersihan menjadi prioritas

Jangan pernah menyepelekan kebersihan. Ada atau tidaknya pengunjung yang menginap, anda harus selalu pastikan bahwa penginapan harus selalu dalam keadaan bersih setiap hari. Karena debu atau kotoran sanagt cepat menurunkan kualitas barang-barang interior penginapan. Jangan sampai interior penginapan menjadi jelek hanya karena debu dan kotoran.

5.   Berikan fasilitas yang lengkap

Lengkapi penginapan dengan beberapa fasilitas penunjang seperti AC, kamar mandi, dan internet. Tentu fasilitas tersebut disesuaikan dengan harga yang nantinya akan diberikan kepada pengunjung

6.   Gunakan Hotel Management System

Ini adalah sebuah sistem yang dapat mengubah penginapan sederhana milik anda menjadi hotel yang memiliki fitur digital yang canggih dan modern.

About Isti RWD