Cara Mendapatkan Keuntungan Besar Saat Libur Panjang

Cara Mendapatkan Keuntungan Besar Saat Libur Panjang
Tips Bisnis


BeritaUKM – Libur panjang merupakan salah satu momen yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan keuntungan besar pada bisnis. Dibandingkan hari biasa, kebutuhan masyarakat justru meningkat pada saat libur panjang.

Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda tak ingin mendapatkan kerugian. Manfaatkan libur panjang sebagai ajang untuk mendapatkan keuntungan besar. Lalu bagaimana cara mengelola bisnis agar tetap mendapatkan keuntungan besar saat musim liburan?

Saat musim liburan, keinginan masyarakat akan berbelanja semakin meningkat. Namun, jangan sampai Anda lengah dan malah tidak mendapatkan keuntungan apa-apa. Berikut cara mendapatkan keuntungan besar saat musim liburan

1. Berlakukan Harga Normal

Memberlakukan harga rendah memang akan mendatangkan banyak pelanggan, sayangnya cara ini sering kali membuat para pengusaha kehilangan keuntungannya. Cobalah untuk memberlakukan harga normal pada produk yang Anda tawarkan.

2. Berikan Diskon yang Sewajarnya

Jika memang ingin memberikan diskon, berilah diskon yang sewajarnya. Memberikan diskon yang besar justru bisa menjadi risiko yang menjurus pada kerugian. Daripada memberi diskon, memberikan voucher atau hadiah khusus untuk pelanggan setia merupakan cara yang tak kalah menarik.

3. Manfaatkan Pelanggan Lama

Mempertahankan pelanggan lama justru jauh lebih sulit dibandingkan mencari pelanggan baru. Jangan terlalu fokus mendapatkan pelanggan baru sampai-sampai pelanggan lama pun terlupakan.

Keberadaan pelanggan memang merupakan hal yang terpenting dalam berbisnis, karena dengan adanya pelanggan bisnis Anda bisa berkembang.

Anda bisa memanfaatkan pelanggan lama dengan cara mempromosikan produk baru di musim liburan ini. Anda bisa menawarkannya dari mulut ke mulut atau dengan menawarkannya melalui media sosial.

4. Beri Kemudahan dalam Membeli

Berikan kemudahan kepada pelanggan saat akan membeli. Usahakan untuk selalu memberi kemudahan kepada pelanggan secara offline dan online. Jika Anda hanya memiliki toko offline, tak ada salahnya jika merambah dunia online juga agar bisa memanfaatkan segala kesempatan yang Anda punya agar bisnis Anda tetap berkembang.

5. Monitor Laba dan Rugi

Jangan lupa untuk terus mengawasi laba dan rugi bisnis. Saat musim liburan, kebanyakan pengusaha hanya mementingkan keuntungan saja tanpa memikirkan kerugian yang kemungkinan akan Anda dapatkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keuntungan saat musim liburan. Pastikan bisnis yang Anda jalani bisa berjalan secara maksimal agar mendapatkan keuntungan berlipat.


Tentang Isti RWD