Cara Ampuh Ini Bisa Dicoba untuk Dapatkan Konsumen Dari Kalangan Milenial Di Tahun 2019

Cara Ampuh Ini Bisa Dicoba untuk Dapatkan Konsumen Dari Kalangan Milenial Di Tahun 2019
Tips Bisnis

BeritaUKM – Sepertinya setiap pebisnis harus sangat memperhitungkan generasi milineal, karena sepertinya dunia bisnis akan memperebutkan konsumen dari generasi tersebut. Mengapa begitu ? hal ini dikarenakan generasi milineal yang lebih banyak menghabiskan uang dibandingkan generasi yang lebih tua. Faktanya memang generasi milineal sangat menyukai pengalaman berbelanja.

Hal ini akan menjadi keuntungan sekaligus tantangan tersendiri bagi setiap jenis usaha bisnis untuk mendapatkan perhatian para generasi milineal. Tidak sulit, hanya saja memerlukan kejelian dalam melihat peluang. Nah untuk lebih memperjelasnya, anda wajib perhatikan cara-cara ampuh ini untuk mendapatkan hati para konsumen dari kalangan milineal, khususnya untuk tahun 2019 mendatang.

1. Teknik psikografi

Melakukan segmentasi target pasar dengan menggunakan teknik ini dapat menargetkan audiens sesuai nilai, sikap, dan motivasi dari masyarakat. Misalnya saat generasi milineal memiliki keinginan yang berbeda dari keinginan generasi yang lebih tua, walaupun terkadang kebutuhan mereka pun sama.

2. Kampanye dengan memberikan hadiah

Anda perlu melakukan pendataan untuk survey tentang perilaku konsumen yang datang ke toko fisik. Namun apakah generasi milineal langsung rela begitu saja, mengisi form yang telah anda berikan ? tentu tidak. Generasi milineal cenderung mencari keuntungan saat kita meminta bantuan. anda bisa tawarkan kepada mereka dengan memberikan beberapa voucher diskon sebagai ganti waktu mereka dalam mengisi form pendataan perilaku konsumen.

3. Gunakan kuis atau lomba sebagai trigger

Media sosial memberikan wadah yang sangat tepat untuk menarik pelanggan dari generasi milineal di era digital ini. Sebagai pebisnis, anda manfaatkan dengan membuat kuis, lomba, atau kompetisi berhadiah untuk membangun brand awareness usaha bisnis yang anda miliki. Kuis yang diberikan tidak harus berhadiah jutaan rupiah, cukup dengan sederhana dan membuat mereka berinteraksi di media sosial milik anda.

4. Berikan produk gratis sebagai tester

Selain memberikan diskon, anda perlu memberikan produk gratis atau trial yang dapat dinikmati langsung oleh calon konsumen tanpa harus mambayar. Ajak mereka untuk mencicipi produk/layanan yang anda jual. Bila memang berkualitas, produk/layanan anda yang telah dicicipi akan membekas di pikiran mereka dan akan mencoba untuk membelinya.

5. Gunakan konten visual

Rasanya untuk yang satu ini merupakan sebuah keharusan, melakukan promosi kepada pelanggan dari generasi milineal harus mementingkan konten foto/video. Kini banyak platform atau aplikasi yang menyediakan kemudahan bagi para pebisnis untuk menciptkan konten dari mulai mengambil, mengedit, hingga mempublikasikannya agar produk/layanan anda lebih dekat dengan pelanggan. Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube sedang menjadi favorit para generasi milineal.

Nah begitulah setidaknya beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menarik minat pelanggan dari generasi milineal yang mungkin bisa menginsipirasi anda untuk memulai usaha dalam bentuk apapun.

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU