5 Tips Ini Wajib Diketahui Sebelum Menjalankan Bisnis Saat Car Free Day

5 Tips Ini Wajib Diketahui Sebelum Menjalankan Bisnis Saat Car Free Day
Tips Bisnis


BeritaUKM – Peluang usaha saat car free day seolah tidak pernah lekang oleh waktu, banyaknya pengunjung di jalanan kota seakan menjadi lading rezeki bagi banyak pedagang disana. Masyarakat yang datang pun tak hanya untuk berlolahraga pagi, tapi juga seringkali membeli kebutuhan atau makanan yang tersedia di pinggir jalan.

Dengan banyaknya pengunjung berarti ada semakin banyak juga permintaan terhadap suatu barang. Hal inilah yang menjadi faktor utama banyaknya pedagang yang memanfaatkan keramaian saat car free day untuk memulai bisnis. Namun bagaimana caranya mendapatkan keuntungan bisnis saat car free day ? untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak tips berikut ini:

1. Datanglah sangat pagi

Jika anda ingin membuka bisnis saat car free day, maka harus menerima konsekuensi nya untuk bangun di waktu yang sangat pagi. Car free day biasanya dimulai dari pukul 5 pagi sampai 10 pagi. Bangunlah lebih pagi untuk mempersiapkan segala macam keperluan dalam berdagang dan juga untuk mendapatkan lokasi yang strategis saat berdagang. Jika anda kesiangan maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan akan berkurang karena durasi car free day yang terbatas.

2. Tempat yang strategis

Saat berdagang di car free day, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. Semua pedagang bebas berjualan di posisi manapun asal tidak menganggu badan jalan untuk berolahraga. Walaupun terdengar sangat menguntungkan, namun disisi lain ada konsekuensi yang didapat yaitu para pedagang akan rebutan untuk mendapatkan lapak berjualan yang strategis. Oleh sebab itu, anda harus berupaya untuk mendapatkan tempat yang paling strategis dan mudah dijangkau sehingga calon pembeli dapat melihat lapak milik anda.

3. Promosikan lapak berdagang

Selain untuk berdagang, Car free day juga sangat cocok untuk mempromosikan bisnis anda yang telah dibangun sebelumnya, itu akan meraup 2 keuntungan sekaligus. Pertama meraih laba lewat lapak dagang yang anda buka, kedua bisa mempromosikan bisnis anda dengan menyebarkan brosur kepada orang-orang yang lewat, agar mereka tahu dan ingat dimana mereka bisa menemukan usaha milik anda selain di Car free day. Hal itu akan menguntungkan usaha yang baru dirintis, karena untuk memperkenalkan pemasaran yang intensif

4. Pilihlah usaha yang dibutuhkan

Kunci sukses selanjutnya dalam menjalankan bisnis di car free day adalah dengan menjalankan usaha yang sangat diperlukan masyarakat yang datang ke car free day. Tujuan utama masyarakat datang ke car free day adalah untuk sarapan pagi dan berolahraga. Jadi usahakan bisnis yang anda pilih adalah bisnis untuk memenuhi kebutuhkan tersebut. Misalnya menyediakan hidangan sarapan seperti nasi uduk, bubur ayam, berbagai jenis minuman dan jajanan tradisional. Menjual barang barang olahraga juga bisa menjadi alternatif diluar hidangan sarapan.

5. Lakukan dengan konsisten

Menjalankan bisnis di car free day harus dilakukan secara konsisten setiap minggu nya. Mengapa harus demikian ? jika bisnis anda konsisten dan memuaskan para pembeli, maka anda akan memiliki beberapa pelanggan tetap yang setiap minggu nya akan membeli. Menjalankan bisnis akan lebih mudah jika  usaha kita sudah dikenal dan memiliki pelanggan tetap.

Jadi bagaimana dengan anda , apakah tertarik untuk memulai bisnis di car free day ? segera bergabung bersama komunitas Smartbisnis sekarang juga untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peluang usaha, hingga pinjaman modal mudah untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.


Tentang Isti RWD