4 TIPS BRANDING RESTORAN, BERIKUT STRATEGINYA

4 TIPS BRANDING RESTORAN, BERIKUT STRATEGINYA
Tips Bisnis

BeritaUKM – Seperti yang sudah anda ketahui bahwa dalam menekuni bisnis kuliner, terutama ketika membuka restoran, anda harus memiliki strategi khusus. Strategi di sini maksudnya adalah anda harus memahami bagaimana cara membangun brand restoran anda. Banyak buku – buku strategi pemasaran yang membahas mengenai teori cara branding restoran, namun hal tersebut tidak semudah kelihatannya.

4 Tips Branding Restoran, Berikut Strateginya

Branding restoran tidak dapat dilakukan dengan instant, melainkan harus dibangun selangkah demi selangkah agar hasilnya maksimal. Branding restoran juga tidak sekedar berpromosi melalui sosial media semata.

Pertama – tama anda harus memahami apa sih tujuan branding restoran? Tentu tujuan utamanya adalah membangun dan membesarkan sebuah merk.

Nah setelah mendapatkan sedikit gambaran mengenai tujuan branding restoran, maka anda dapat mempelajari bagaimana cara memulainya.

3 Tips Brand Positioning Resto Anda

Anda dapat menjabarkan secara rinci mengenai tiga hal penting dalam rangka memposisikan brand anda kepada pasar. Tiga hal penting tersebut adalah:

  • Menetapkan apa yang akan anda lakukan. Contohnya adalah mendefinisikan jenis makanan apa yang akan anda sajikan? Apa konsep dari restoran anda? Bagaimana cara mengaplikasikannya?
  • Menetapkan target market yang tepat. Pikirkan matang – matang kelas konsumen mana yang anda tuju? Siapa yang anda harapkan untuk bersantap di restoran anda? Cari alasan mengapa restoran anda harus hadir untuk mereka. Cari juga alasan mengapa mereka harus bersantap di restoran anda.
  • Menjelaskan seunik apakah restoran anda. Untuk memenangkan pertarungan kuliner ini, anda harus menjadi restoran yang unik. Ini bukan mengenai bagaimana anda menjadi yang terbaik, melainkan bagaimana cara anda menjadi berbeda.

Sudah siap untuk memulai proses branding restoran anda? Di bawah ini akan kami jabarkan beberapa tips branding restoran yang mampu membantu anda dalam membesarkan brand restoran anda. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Buat Nama dan Logo Restoran Yang Menarik

Hal pertama yang harus anda lakukan saat membuka restoran tentunya adalah dengan membuat nama serta logo restoran yang menarik. Nama dan logo yang menarik tentu akan mudah menarik perhatian konsumen. Buatlah nama dan logo yang merupakan gambaran dari jenis usaha anda.

Berhati – hatilah dalam memilih bentuk dan warna logo anda, karena setiap goresan dan warna, tmemiliki definisi berbeda – beda secara psikologi. Buatlah logo dengan warna yang memberikan semangat dan memancarkan aura positif bagi restoran anda. Langkah berikutnya yang tidak boleh anda lupakan adalah mematenkan nama dan logo tersebut agar tidak mudah dicuri orang lain.

Jika anda mempunyai hak paten tentunya posisi anda akan lebih kuat di mata hukum. Setelah itu anda bebas mempromosikan nama dan logo restoran yang anda miliki.

2. Perkenalkan Konsep Restoran Anda Melalui Promosi di Seluruh Channel

Branding yang kuat adalah sebuah proses penanaman merk ke dalam benak konsumen agar jenis usaha yang anda tawarkan tidak mudah dilupakan. Jadi agar konsumen merasa lebih akrab, perkenalkan konsep restoran anda. Beritahu mereka mengapa restoran anda spesial dan harus dikunjungi. Konsep apa yang membuat restoran anda berbeda dibanding yang lainnya? Bagaimana anda memposisikan restoran anda kepada pasar?

Semua itu harus anda beritahukan melalui penjabaran yang jelas dan detail. Anda dapat merancang sebuah teks cerita dengan bahasa yang enak dan mengalir agar saat konsumen anda membacanya, mereka merasa betah menyelesaikannya hingga baris terakhir. Informasi tersebut dapat anda beritahukan kepada konsumen anda melalui website resmi yang anda miliki. Bisa juga melalui majalah, brosur, dan sosial media seperti Facebook atau Instagram.

Semakin sering anda mempromosikan restoran anda, maka branding restoran anda akan mengakar di benak konsumen secara perlahan – lahan. Teruslah meningkatkan promosi hingga pada tahap konsumen mengkaitkan menu makanan tertentu langsung dengan brand anda. Contohnya saja Aqua untuk penyebutan air mineral, atau indomie untuk penyebutan mie instant.

3. Membuat Website Untuk Restoran Anda

Langkah penting lainnya yang dapat anda lakukan untuk mem-branding restoran anda adalah dengan membuat website resmi untuk restoran anda. Sebuah restoran yang ingin sukses tentu memikirkan bagaimana caraya agar eksistensi / keberadaannya dapat diketahui oleh orang lain secara luas.

Website berfungsi sebagai buku informasi secara digital yang dapat diakses oleh konsumen anda kapanpun dan dimanapun mereka mau. Oleh karena itu website anda harus beroperasi selama 24 jam. Dalam sebuah website biasanya mencakup informasi seperti profile restoran yang berisi mengenai sejarah berdirinya restoran anda, siapa anda, dan bagaimana anda dapat terinspirasi untuk mendirikan restoran ini.

Selain informasi tersebut, anda juga harus mencantumkan daftar menu restoran anda, foto gallery menu makanan anda, serta kontak yang jelas (nomor telepon dan alamat restoran). Dengan memiliki website, anda akan dimudahkan dalam memperkenalkan brand restoran anda kepada khalayak luas, tak terbatas ruang dan waktu.

Jadi usahakan untuk membuat website anda sebaik mungkin. Pilihlah template desain yang sederhana namun memikat. Untuk pemilihan warna juga sebaiknya pilih yang senada dengan elemen warna pada logo dan restoran anda.

 4. Perbesar Komunitas Anda

Mempunyai jaringan yang luas memang memiliki banyak keuntungan. Strategi itulah yang harus anda galakkan untuk membangun branding restoran anda. Bergabunglah dengan komunitas – komunitas pengusaha kuliner, komunitas foodies, dan komunitas lainnya yang berkaitan dengan bisnis restoran anda. Bersama komunitas tersebut, anda dapat bertukar ilmu dan informasi.

Strategi lainnya adalah anda dapat bekerjasama dengan komunitas anda dengan menyelenggarakan event, bazaar kuliner, dan acara lainnya. Undanglah khalayak ke acara anda. Anda dapat mempromosikannya melalui sosial media, atau segala channel yang telah dijabarkan pada point nomor dua. Dengan acara yang anda selenggarakan bersama komunitas anda, branding restoran anda akan semakin kuat.

Branding restoran memiliki banyak manfaat  yang cukup vital bagi perkembangan bisnis restoran Anda. Seperti memberikan identitas yang jelas kepada restoran anda, menyampaikan nilai / manfaat yang terkandung pada produk restoran anda.  Selain itu juga dapat membantu Anda dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan dan target market, membangun kredibilitas dan persepsi, serta mempermudah proses referral.

Branding yang sukses juga dapat membangun kepercayaan di mata khalayak dan dapat meningkatkan penjualan. Kehadiran restoran anda juga dapat diterima dengan baik di tengah – tengah masyarakat.

Bagaimana? Tentunya sudah tidak ragu lagi dong dalam membangun brand restoran anda? Apakah anda sudah terbayang untuk melakukan jenis strategi apa dalam branding restoran? Atau apakah anda tengah mengalami kendala dalam branding restoran?

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU