Turunnya Harga Cabai Tak Berpengaruh Pada harga Bawang Merah

Turunnya Harga Cabai Tak Berpengaruh Pada harga Bawang Merah
Ekonomi Liputan Media

Bisnis Riau – Turunnya Harga Cabai Tak Berpengaruh Pada harga Bawang Merah – Dalam pekan terakhir Maret 2018, harga bahan pangan utamanya komoditas cabai seperti cabai rawit merah, cabai merah keriting, hingga rawit hijau mengalami penurunan.

Tidak hanya komoditas cabai, menurut hasil pantauan Liputan6.com, di pasar tradisional di bilangan Merdeka, Bogor, harga bahan pangan lain semisal kentang pun ikut merosot.

Jenar (32), seorang pedagang di Pasar Merdeka, Bogor, menyatakan cabai rawit merah dan cabai merah keriting telah turun harga sejak satu pekan lalu.

“(Cabai) rawit merah sekarang Rp 40 ribu per kg, seminggu sebelumnya Rp 60 ribu per kg. Gitu juga cabai merah keriting, dari Rp 60 ribu per kg sekarang jadi Rp 40 ribu, per kg,” ujarnya di Pasar Merdeka, Bogor, Senin (26/3/2018).

❛❛ Baca juga :   Tips Memulai Bisnis Bagi Pengusaha Muda

Komoditas cabai lainnya, yakni cabai rawit hijau, juga terus menukik secara harga. Jika sebelumnya produk itu dijual pada angka Rp 26 ribu per kg, kini sedikit menurun menjadi Rp 24 ribu per kg.

Begitu juga dengan kentang, yang harganya terpantau turun, yakni dari sebelumnya Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu.


Bawang Stabil

Untuk harga bawang merah dan tomat buah cukup stabil. Harga bawang merah tetap pada kisaran Rp 25 ribu, sementara harga tomat buah juga stabil Rp 8 ribu per kg.

❛❛ Baca juga :   Harga Beras dan Daging Ayam Picu Inflasi DKI Jakarta?

Beda halnya dengan bawang putih, yang dilanda kenaikan harga. Jika sebelumnya dijual Rp 28 ribu, saat ini meningkat Rp 2 ribu menjadi Rp 30 ribu.

Ketika ditanya alasan mengenai naik-turunnya harga bahan pangan di pasaran, Aldi tidak bisa menjawab banyak. “Kita mah enggak tahu, itu dari distributornya,” tukas dia.

Sumber : liputan6.com

  • harga bawang merah (1)

Tentang Lora Febiola

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA