Selasa, 14 Mei 2019 11:50:36
Dilihat sebanyak 500 kali

Tips Berpuasa Sehat Bagi Orang yang Punya Anemia

Tips Berpuasa Sehat Bagi Orang yang Punya Anemia
Liputan Media

Cegah anemia mengganggu ibadah Anda dengan berbagai tips berikut.

1. Konsultasi ke dokter
Konsultasi ke dokter sebelum berpuasa terutama penting bagi Anda yang memang memiliki kondisi medis tertentu, seperti anemia. Tingkat keparahan gejala dan kondisi tubuh setiap orang bisa berbeda meski sama-sama punya anemia. Dengan berkonsultasi, Anda akan bisa mengetahui apakah kondisi tubuh Anda cukup fit untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Jika hasil pemeriksaannya baik, dokter umumnya akan memberikan lampu hijau untuk Anda ikut puasa saat anemia. Namun, dokter mungkin juga akan memberikan beberapa aturan yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan ketika berpuasa.

2. Perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka
Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan asupan zat besi, asam folat, dan/atau vitamin B12 yang sama-sama bertanggung jawab untuk bantu memproduksi sel darah merah. Maka, salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk menambah darah adalah mencukupi asupan ketiga nutrisi ini saat sahur dan berbuka puasa.

Zat besi paling banyak ditemukan dalam daging merah. Namun apabila Anda salah satu orang yang tidak makan daging, Anda tetap bisa mendapatkan asupan zat besi dari kuning telur, seafood, gandum, sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Anda juga perlu menambahkan makanan sumber vitamin C dalam menu makanan Anda untuk membantu tubuh lebih efektif menyerap zat besi.
Asam folat biasanya ditemukan dalam makan seperti kacang polong, lentil, jeruk, produk gandum, hati, bit, brokoli, kubis, dan bayam.
Vitamin B12 banyak terkandung dalam hati sapi, ikan, daging merah, telur, susu dan produk olahannya, serta sereal. Vitamin B12 juga ditemukan pada beberapa sayur dan buah penambah darah, meski kandungannya hanya sedikit.

3. Hindari aktivitas fisik terlalu berat
Tips puasa saat anemia lainnya yang tidak kalah penting adalah cukup istirahat. Anemia membuat Anda akan sering merasa lelah, lemas, dan lesu karena tubuh tidak memiliki cukup darah yang kaya oksigen. Anda juga mungkin akan rentan alami pusing atau sakit kepala, wajah pucat, sesak napas, hingga tangan dan kaki dingin.

Gejala anemia bisa menghambat kelancaran Anda berpuasa. Maka sebaiknya hindari dulu segala aktivitas fisik terlalu berat yang membuat Anda kelelahan. Hal ini tidak hanya memudahkan Anda menjalankan puasa, namun juga menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan sampai tiba di hari yang fitri.

Sumber : hellosehat.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA