Jenis Makan Khas Pekanbaru

Jenis Makan Khas Pekanbaru
Kuliner Pekanbaru Kuliner PKU Kuliner Riau

Pekanbaru – Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dari Provinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatra. Kota ini terkenal dengan berbagai macam makanan khasnya.

Makanan khas Pekanbaru terkenal makanan yang paling enak. Berikut beberapa makan khas Pekanbaru.

1. Gulai Ikan Patin 

gulai patin

Makanan ini merupakan makanan sehari hari warga Pekanbaru. Gulai ikan patin merupakan potongan ikan yang mempunyai kuah berwarna kuning pekat sebagai rendaman potongan ikan patin.

Gulai ikan patin ini disantap bersama nasi hangat dan lauk pelengkap lainnya. Cita rasa gulai ikan patin akan semakin nikmat apabila saat pembuatannya ditambahkan dengan bunga kecombrang yang berfungsi sebagai penyedap rasa.

2. Nasi Lemak

nslmk

Nasi lemak sebenarnya makanan khas Melayu. Namun karena penduduk Pekanbaru sebaguan besar orang Melayu maka makanan ini banyak dijumpai disana.

Nasi lemak pada umumnya dihidangkan dengan lauk lauk seperti telur, ikan teri goreng, sambal, cabai dan irisan mentimun. Selain dengan lauk lauk yang tadi nasi lemak juga biasa disajikan dengan tempe, tahu, kacang panjang, kacang tanah dan lain lain.

3. Mie Sagu 

miesagu

Sagu merupakan tepung yang diolah dari batang pohon sagu. Mie sagu adalah panganan yang cocok untuk siapa saja. Teruma mereka yang menderita diabetes atau yang melakukan program diet.

Mie sagu merupakan makanan berkarbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi, tak hanya sehat mies sagu juga mempunyai rasa yang nikmat. Teksturnya lebih kenyal dari pada mie pada umumnya. sangat cocok dioleh dengan digoreng ataupun direbus.

4. Miso

ms

Miso tidak hanya ada di Jepang, namun Pekanbaru juga memilikinya. Miso Pekanbaru berbeda dengan miso jepang

Miso adalah makanan berkuah yang mempertemukan ragam bahan seperti mie kuning, bihun, suwiran ayam, tahu kering, kulit ayam renyah dan potongan tulang ayam. satu porsi biasanya hanya Rp. 15.000

 

 

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU