Rabu, 28 Agustus 2019 10:19:57
Dilihat sebanyak 493 kali

Usaha Kolam Pemancingan

Usaha Kolam Pemancingan
Inspirasi Bisnis

Memancing adalah campuran antara olahraga dan rekreasi. Animo masyarakat Indonesia akan olahraga memancing ini sangat tinggi bahkan meningkat dari tahun ke tahun maka peluang usaha kolam pemancingan ikan ini sangat terbuka lebar untuk mendapatkan untung besar dan cepat. Banyak sekali sisi positif dari kolam pemancingan ikan bila dikelola dengan benar akan tetapi seperti biasa dimana ada peluang disitu pula terdapat tantangan. Salah satu hal yang dapat dilihat sebagai peluang adalah kebanyakan bisnis kolam pemancingan ikan belumlah dikelola secara profesional dengan sistem manajemen modern. Banyak sekali kolam pemancingan ikan yang hanya berupa kolam dan plank nama padahal apabila kita ingin berbisnis yang baik dengan strategi jangka panjang hingga bisa diwariskan kepada anak cucu, program branding, marketing dan corporate identity sangatlah penting dilakukan. Salah satu kolam pemancingan ikan yang sudah serius dalam menangani bisnis ini secara profesional adalah kolam pemancingan ikan galatama Galilea seperti yang dapat kita lihat pada gambar disamping. Logo kolam pemancingan galatama Galilea ini terlihat sangat keren dan profesional. Logo yang berwarna biru tua melambangkan kepercayaan dan kesejukan yang diambil dari warna air. Logo ini juga mengandung warna keemasan dari ikan mas yang menjadi obyek dari pemancingan itu sendiri sekaligus memberikan kesan bersahabat dan kekeluargaan.

Membuat logo pemancingan ini merupakan salah satu cara jitu dan terbaik dalam memenangkan persaingan dipikiran dan hati konsumen. Logo pemancingan ikan yang menarik akan membuat perbedaan dan memberikan daya saing yang tinggi sehingga akan selalu diingat oleh konsumen dan akan selalu menjadi tempat memancing favorit bagi pelanggan. Hal ini akan menciptakan merek bisnis yang dapat dijual dan bernilai tinggi. Kesimpulan yang dapat ditarik dan diambil pelajaran disini adalah semua merek, branding, program marketing dan corporate identity dimulai dari pembuatan logo pemancingan ikan yang keren dan menarik.

Kolam Pemancingan Ikan Galatama dan Harian
Kolam pemancingan terbagi atas dua kategori pokok, yakni kolam harian dan kolam galatama, jangan heran karena namanya mirip dengan istilah persepakbolaan. Kolam harian paling tepat digunakan sebagai wisata keluarga. Hasil ikan yang dipancing kemudian ditimbang dan dibayar per kilogramnya atas hasil yang didapat oleh pemancing. Memancing ikan dikolam harian perolehannya pasti tinggi karena populasi ikan biasanya lumayan padat dan ikannya pada lapar karena jarang dikasih makan. Tetapi ini bukan jaminan karena memancing adalah seni sama seperti membuat logo juga seni dan perlu keahlian. Kolam harian inilah sasaran utama pemancing yang membawa keluarga atau datang bersama teman.
Kolam Galatama adalah memancing dengan sistem pertandingan. Bayar tiket masuk untuk ikutan lomba kompetisi memancing, lalu memancing terbatas hanya boleh dua joran, diakhiri dengan acara adu perolehan total berat ikan terbesar dalam batas waktu tertentu, misal dari jam 08.00 hingga jam 15.00. Pemenangnya, tentu saja pemancing yang bisa memancing ikan terberat dan terbanyak.

Harga tiket masuk kolam galatama ini cukup bervariasi yaitu ada yang seharga 3 – 5 juta an dengan hadiah yang cukup menggiurkan yaitu mobil kijang atau sepeda motor keluaran terbaru atau ada juga kolam galatama yang menetapkan harga tiket masuk berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp. 100.000,- dengan berbagai hadiah yang sesuai seperti radio, TV, kulkas dsb. Ikan hasil dari kolam pancing galatama setelah ditimbang harus dimasukan lagi kekolam setelah pertandingan usai untuk dipakai lagi pada pertandingan berikutnya.

Tipe pemancing yg berlaga dikolam Galatama biasanya adalah tipe advanced atau mahir. Disini para pemancing mengadu teknik umpan ramuan siapa yang paling ampuh dalam menarik hati sang ikan. Pada akhir lomba biasanya pemenang bukan disambut oleh tim cheerleader dengan pakaian minim tetapi diserbu oleh sesama pemancing yang kalah dan ingin tahu rahasia sang pemenang seperti formula umpan pancing yang dipakai.

Sumber : desainlogodesign.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA