Usaha Asinan Nanas

Usaha Asinan Nanas
Inspirasi Bisnis

Yang Khas dari Asinan
Jika orang diminta menyebutkan jenis makanan yang identik dengan kota bogor, salah satu jawaban yang pasti disebut adalah asinan. Ke Bogor tak lengkap rasanya jika belum menikmati makanan yang satu ini. Namun,bukan berarti orang harus ke Bogor untuk bisa makan asinan. Kini, usaha asinan sudah banyak tersebar, tak hanya di Bogor tapi juga di kota-kota lainnya. Peluang usaha asinan sangat besar, mengingat makanan ini sudah memilki konsumen tetap.

Walaupun bernama asinan, rasa makanan ini jauh dari kata asin. Ada yang mengatakan, nama asinan berasal dari salah satu bahan baku yang digunakan di dalamnya, yaitu sawi asin. Cara penyajian makanan ini sangat mudah, Anda tinggal menambahkan kuah merah yang terasa segar, manis, dan asam di atas sayuran dan buah-buahan segar.

Terdapat tiga jenis asinan yang populer di pasaran, yaitu asinan sayuran, buah-buahan, dan campur (buah dan sayur). Asinan sayuran biasanya terdiri atas sawi asin, kubis, mentimun, taoge, tahu, dan kol segar. Sedangkan buah-buahan yang biasa dijadikan bahan asinan adalah nanas, salak, jambu, ubi, bengkuang, dan pepaya.

Deskripsi Usaha Asinan
Bahan Baku

Bahan baku utama asinan adalah sayuran dan buah-buahansegar. Segar tidaknya sayuran dan buah-buahan tersebut akan menentukan enak tidaknya cita rasa asinan. Bahan baku segar ini bisa diperoleh baik dipasar tradisional maupun modern. Sebaiknya Anda membeli bahan baku di pasar tradisional karena harganya jauh lebih murah. Satu hal yang harus diingat saat membeli bahan baku adalah pilihlah sayuran dan buah-buahan berkualitas baik-yang segar, tidak bercacat, dan tidak busuk.

Tempat Usaha
Tempat yang paling strategis untuk berjualan asinan di antaranya di lingkungan sekitar pasar, mal atau pusat perbelanjaan, kompleks perumahan, kawasan perkantoran, dan di pinggir jalan raya yang ramai. Carilah tempat usaha yang nyaman dan terjaga kebersihannya sehingga calin konsumen semakin tertarik untuk membeli.

Perlengkapan Usaha
Beberapa perlengkapan yang harus Anda miliki saat membuka usaha asinan diantaranya gerobak dengan etalase yang cukup untuk menyimpan sekaligus memajang sayuran dan buah-buahan atau asinan yang telah dibungkus. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa toples untuk menyimpan kuah asinan , air gula merah, sawi asin, tahu, kacang tanah goreng, dan sambal. Pisau untuk mengiris buah dan sayur,piring/mangkuk,gelas,sendok dan garpu, serta kantong plastik adalah beberapa perlengkapan lain yang wajib Anda miliki

Karyawan
Di awal usaha, Anda bisa hanya mempekerjakan seorang karyawan. Karyawan tersebut bertugas untuk melayani pelanggan, sedangkan proses meracik asinan sebaiknya Anda kerjakan sendiri. Sebelum mulai bekerja, ada baiknya jika Anda memberikan pengarahan – pengarahan kepada karyawan agar proses pelayanan kepada konsumen berjalan lancar.kisaran upah karyawan adalah Rp 600.000 sampai Rp 800.000.

Promosi
Mempromosikan usaha bisa dilakukan antara lain dengan memasang spanduk ditempat usaha, menyebar brosur atau leaflet di lingkungan sekitar, menyediakan layanan pesan antar untuk pelanggan di wilayah dekat tempat usaha, dan menawarkan pemesanan dalam jumlah besar. Peluang layanan dalam jumlah besar ini sangat besar karena asinan termasuk salah satu menu yang sering dihidangkan di acara-acara arisan, pesta pernikahan, dan lain-lain. Tak ada salahnya untuk memberi tahu orang atau kerabat terdekat mengenai usaha Anda, baik lewat telepon maupun SMS. Bagaimanapun, jalinan pertemanan bisa menjadi sarana pemasaran dan promosi yang efektif. Berikut adalah perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat spanduk, brosur, dan leaflet.

Sumber : kampungwirausaha.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA