SIRUP JAHE SEHAT UNTUK TUBUH

SIRUP JAHE SEHAT UNTUK TUBUH
Inspirasi Bisnis

Setiap hari aku selalu stok jahe merah di kulkas. Kenapa? Bukan karena untuk bumbu dapur. Melainkan untuk kesehatan. Aku dan pak Lelaki surga tipe manusia yang kurang doyan obat. Makanya, suka males ke dokter. Ujung-ujungnya pasti nebus obat. Dan buanyak jenisnya.

Jadii… Kalo Tiba2 gak enak body, wedang jahe jadi andalan. Tapi, kalo udah puarah banget baru deh minum obat herbal yang dijual pasaran tuh.

Bikin wedang jahe itu butuh proses. Bakar jahe merahnya, ngupas kulitnya, diblender campur dengan sedikit air, saring, rebus. Naaahh… Yang bikin males itu bakar sama ngupasnya. Secara jahe merah kan kecil2. Gak seperti jahe yang biasa untuk bumbu dapur tuh. Ribet deh.

Tapiii… Sekarang gak lagi. Tinggal currrr, jadi deh. Si Jase, SIrup Jahe Sehat. Terbuat dari jahe asli dan gula asli. No pemanis buatan, no pewarna, dan no pengawet. Insyaallah aman, dan halalan thoyiban.

SiJase produk handmade rumahan. Diproduksi oleh salah seorang teman dekatku sendiri, yaitu nyonya Widya. Karena produk rumahan yang pemula, jadi kemasannyapun sederhana. Dikemas di dalam botol plastik food grade ukuran 250ml. Harga perbotolnya cuma 20ribu rupiah. Yookk murah meriaaah.

Cara membuatnya seperti sirup pada umumnya. Tuang sirupnya sedikit demi sedikit. Jangan langsung banyak, nanti kemanisan. Kalo kemanisan bisa bikin diabetes. Apalagi kalo yang minum juga manis. Bisa2 diabet berganda, *eiyaaa eiyaaa. Hehehe. Kemudian tuang air panasnya. Aduk rata. Siap disantap. Hati2 panas loohh… Hehe

Kalo aku, cukup 2 sdm untuk 1 cangkir kecil ukuran 150-200 ml. 2sdm SiJase udah terasa manisnya dan pedasnya nampol, pas banget diminum di musim hujan seperti sekarang ini. Segeeerrrr. Selain rasa pedas, dan manis, ada juga rasa agak pahitnya. Dari pahitnya ini yang membuktikan kalo ini dari 100% jahe asli, *ih.. Sok tau banget sih aku. Soalnya kalau aku bikin wedang jahe sendiri juga ada rasa pahit2nya geto. Wanginya juga jahe ngeetz. Ouw iya.. Pedesnya juga bukan karena ditambah merica. Katanya ada tuh wedang jahe yang dijual di luaran sana yang pedasnya karena merica.

Si Jase ini selain bisa dibikin wedang jahe biasa, juga bisa dibikin wedang ronde, tinggal campurin daun jeruk, dan daun pandan jadilah wedang ronde kosongan. Hahaha. Kalo mau komplit ya siapin juga jendol2, agar2 dan kacang tanah sangrai. Duuuhhh.. Kog aku jadi pengen wedang rondee.

Yang suka afternoon tea. Bisa loh tea nya berubah jadi ginger drink. Jadilah afternoon ginger drink. Kalo afternoon tea biasanya kan ada kudapan yang menemani tea nya. Kalo wedang jahe? Tenaaang… Jangan khawatir kawan. Buanyak kudapan yang cocok untuk menemani wedang jahe.

Sumber : mifthakaje.blogspot.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA