Seperti Ini Caranya Agar Produk Bisnis Diterima Di Toko Retail Modern

Seperti Ini Caranya Agar Produk Bisnis Diterima Di Toko Retail Modern
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Meskipun usaha Anda masih setingkat UKM (Usaha Kecil dan Menengah), pastinya ada keinginan supaya produk Anda bisa diterima di swalayan atau toko retail modern. Tapi faktaya masih banyak para pelaku UKM yang produknya kesulitan menembus swalayan atapun toko retail modern.

Toko Retail Modern

Sebagai seorang pengusaha, penting untuk memperhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan secara rinci. Terlebih lagi bukan perkara mudah untuk bertemu dengan pihak yang berwenang di toko retail modern itu sendiri.

Di sisi lain, membuat mereka yakin untuk menerima produk yang Anda tawarkan bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, Anda tetap tidak boleh putus asa.

Yang perlu untuk diperhatikan, setelah Anda berhasil meyakinkan pihak toko retail modern, Anda harus benar-benar siap untuk memenuhi segala sesuatu yang sudah Anda janjikan di dalam kontrak yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

Anda harus bisa menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang pengusaha yang profesional dan sudah terorganisir dengan rapi untuk menjadi pemasok di toko retail modern yang mereka kelola.

Bagi Anda yang belum tahu ilmunya, atau bagi Anda para pengusaha UKM yang ingin produknya bisa masuk ke toko retail modern, perhatikan betul beberapa hal berikut ini:

1. Gagasan yang lengkap
Dalam hal ini Anda harus memiliki gagasan yang lengkap, maksudnya adalah pihak toko retail modern tidak memiliki waktu untuk hanya sekedar membantu Anda dalam mengembangkan setiap detail dari produk yang Anda miliki.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin semua hal yang berkaitan dengan produk Anda mulai dari merek, packaging, sampai dengan strategi pemasaran harus Anda tangani sendiri jika ingin mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

2. Strategi pemasaran
Ingat juga terkait dengan strategi pemasaran, sebab pihak toko retail modern tidak akan tertarik dengan produk yang Anda miliki ketika Anda belum memiliki strategi pemasaran yang jelas.

3. Akreditasi
Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah mengenai akreditasi. Dalam hal ini sebisa mungkin sertakan semua sertifikat yang ada hubungannya dengan kualitas produk yang Anda miliki.

4. Sejarah penjualan
Ketika Anda memiliki sejarah penjualan produk, sebaiknya perlihatan kepada mereka. Popularitas produk yang Anda tawarkan bisa menjadi minat toko retail modern yang Anda tuju lalu menjadikan Anda sebagai pemasok produk di toko tersebut.

5. Hindari bersaing dengan produk toko retail modern
Setiap toko retail modern rata-rata memiliki produk dengan merek mereka sendiri. Jadi sebisa mungkin hindari untuk bersaing dengan produk yang sudah mereka buat.

6. Bertatap muka
Jangan pernah puas jika pihak toko retail modern hanya meminta Anda untuk mengirimkan contoh produk yang ingin Anda tawarkan. Kemungkinan besar produk yang Anda kirim hanya akan ditumpuk atau mengabaikannya. Sebisa mungkin berusahalah untuk bisa langsung bertatap muka dengan pihak yang berwenang di toko retail modern tersebut.

7. Sampel
Selalu pastikan untuk membawa banyak contoh produk ketika ada janji ketemu dengan pihak berwenang di toko retail modern tersebut.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA