Peran Penting Arus Kas pada Bisnis Anda

Peran Penting Arus Kas pada Bisnis Anda
Advertising Inspirasi Bisnis


BeritaUKM,Riau-

  1. Inilah 4 Peran Penting Kas pada Bisnis

    Memantau Kondisi Keuangan Bisnis Secara Rutin

    Arus kas, apabila dikelola dengan baik, dapat membantu bisnis Anda selalu terorganisasi. Mengingat fungsinya yang dapat menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi, maka melalui arus kas Anda bisa memantau kondisi keuangan bisnis secara rutin. Anda bisa mengetahui dengan pasti sumber pemasukan dan untuk apa saja uang tersebut digunakan.

    Apabila Anda baru saja mulai mendirikan bisnis, buatlah daftar pengeluaran yang umumnya hanya dilakukan dalam sekali. Pengeluaran ini bisa mencakup item yang sudah Anda bayar atau hendak akan dibayar, seperti pembelian properti, konstruksi, furnitur, dan sebagainya. Lalu, susun pengeluaran bulanan bisnis. Anda dituntut untuk fokus agar tak ada pengeluaran yang terlewat. Pengeluaran bulanan ini bisa mencakup website hosting, cicilan bulanan, gaji karyawan, dan sebagainya.

    Dalam menyusun arus kas bisnis, Anda diminta untuk jujur dan bersikap seobyektif mungkin. Apabila hasil akhirnya ternyata ada lebih banyak pengeluaran dari pemasukan, Anda bisa segera melakukan pemotongan anggaran agar kondisi keuangan bisnis tetap aman.

  2. Mengelola Utang dengan Baik

    Berutang dalam bisnis sudah menjadi hal yang biasa. Nah, biasanya ketika pelaku bisnis meminjam uang untuk keperluan bisnis, mereka akan mempertimbangkan arus kas di waktu mendatang untuk melakukan pengeluaran dari dana pinjaman tersebut. Mau tak mau, Anda harus memiliki arus kas yang positif agar bisa membayar cicilan utang secara tepat waktu.

    Umumnya, perusahaan memiliki pinjaman jangka panjang dan rekening kredit jangka pendek. Setiap pinjaman membutuhkan pembayaran bulanan. Nah, kewajiban pembayaran utang secara bulanan ini dapat membatasi arus kas Anda, di mana jumlah uang yang seharusnya dapat digunakan untuk investasi bisnis akan berkurang. Maka dari itu, dengan adanya arus kas yang baik, Anda bisa melakukan penghitungan secara matang sehingga pengembangan bisnis tetap berjalan lancar meski Anda memiliki utang.

Arus kas bisnis


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA