Peluang Usaha Ternak Semut Jepang yang Menjanjikan

Peluang Usaha Ternak Semut Jepang yang Menjanjikan
Inspirasi Bisnis Peluang Usaha


BISNIS RIAU – Apa yang terlintas dalam pikiran kita ketika kita mendengar kata “semut”? Tentu yang terlintas di dalam benak kita adalah serangga kecil yang menyukai sesuatu yang memiliki rasa manis serta seringkali menimbulkan rasa sakit dan gatal ketika menggigit anggota bagian tubuh kita.
Namun, bagaimanapun Tuhan menciptakan segala sesuatu dilengkapi dengan kekurangan dan kelebihan, di balik tubuhnya yang kecil dan seringkali menjadi hewan pengganggu, beberapa jenis semut ternyata bermanfaat untuk manusia, sebut saja semut rangrang yang kroto nya bisa digunakan untuk pakan hewan selain jenis semut kroto, jenis semut yang juga memiliki kegunaan lain adalah semut Jepang.
Pada beberapa tahun belakangan ini, semut jepang mulai naik daun karena dikenal memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobati beberapa penyakit seperti Diabetes, mencegah Stroke dan lainnya. Tak heran jika masyarakat kemudian mulai mencoba ternak semut jepang baik untuk konsumsi pribadi maupun di rawat untuk tujuan komersil.
Semut jepang terdiri dari banyak spesies namun dari variasi spesies tersebut, hampir semua sangat mirip dan dapat diternakkan sehingga tidak memiliki perbedaan yang mencolok

Manfaat Semut Jepang

Ada dua alasan utama mengapa masyarakat membudidayakan semut jepang di antaranya adalah :

  1. kesehatan
    Seperti yang telah saya katakan di atas, semut jepang dikenal memiliki khasiat seperti mangatur kadar kolesterol, meringangkan resiko diabetes, mengatur tekanan darah, menambah vitalitas, meringankan penyakit hati, mengatasi penyakit asam urat, membantu mengobati penyakit stroke dan masih ada khasiat lain dari semut jepang untuk kesehatan.
  2. Sebagai Usaha Sampingan
    Salah satu alasan mengapa usaha ternak menjanjikan adalah kemudahan dalam memelihara jenis semut ini, semut jepang tidak memerlukan penanganan khusus dan sangat mudah berproduksi.
Cara Ternak Semut Jepang
Untuk budidaya semut Jepang, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu :

  1. Pemilihan indukan semut jepang
  2. Pembuatan media hidup semut jepang
  3. Pemberian pakan
  4. Perawatan termasuk juga menjaga kebersihan dari tempat hidup semut jepang.

Sumber : usaharumahan19.com


Tentang Wina Rahma Fitri

Wina Rahma Fitri "I'm a Programmer, and coding is my life"