Rabu, 25 Oktober 2017 03:49:54
Dilihat sebanyak 3.662 kali

Peluang Usaha Kreatif, Unik dan Menjanjikan Terrarium Pekanbaru

Peluang Usaha Kreatif, Unik dan Menjanjikan Terrarium Pekanbaru
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

Peluang Usaha Kreatif, Unik dan Menjanjikan Terrarium Pekanbaru, Terrarium merupakan seni taman (tanaman hias) di dalam media yang terbuat dari kaca atau plastik transparan. Keunikan yang terdapat terrarium ini adalah, terletak pada bahan yang digunakan dan fungsinya sebagai taman mini. nah,Selain itu, ukuran terrarium ini juga dpt disesuaikan dengan ketersediaan tempat. Terrarium dapat diletakkan di atas meja kantor maupun di meja makan. Dengan demikian, orang tidak perlu harus ke alam terbuka hanya untuk dapat menikmati pemandangan tumbuhan hijau. Ini sangat cocok untuk dikembangkan di kota-kota besar yang minim pemandangan hijau.

Fungsi utama dari terrarium ini ialah sebagai hiasan ruang tertutup. Selain itu, terrarium juga dapat berfungsi sebagai taman mini dalam ruangan tertutup, yang dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan pemandangan hijau. Terutama di kota-kota besar, yang identik dengan minimnya pemandangan hijau. Selain itu, hal lainnya yang mungkin memberikan nilai tambah adalah masalah global warming.

Berdasarkan hal tersebut, terrarium dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan pemandangan hijau tersebut, serta mengurangi dampak global warning. Dengan membuat kreasi yang unik dan membuat inovasi, terrarium dapat dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan. Tidak hanya sebagai hiasan semata, namun juga menjadi bagian dari interior suatu ruangan atau rumah. Sehingga terrarium dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Untuk membuat terrarium ini, tidak harus memiliki keterampilan khusus dan modal yang besar. Sebab peralatan dan bahan-bahan yang digunakan bukanlah barang-barang yang mahal dan sulit untuk ditemukan. Selain itu, bahan-bahan dan peralatan tersebut juga bisa diganti dengan menggunakan barang-barang bekas. Sedangkan untuk keterampilan yang dibutuhkan tidaklah harus khusus, sebab proses pembuatan terrarium ini sangat mudah

Dengan keterampilan tidak terlalu khusus dan modal yang tidak terlalu besar, bisnis terrarium dapat menjadi pilihan yang bagus. Ketika bisnis terrarium ini, menemukan pasar utama yang dituju, akan mampu memberikan keuntungan yang cukup besar. Dengan demikian, bisnis terrarium dapat menjadi pilihan sumber pendapatan yang menjanjikan dan berkelanjutan.

Gambaran Keuntungan Usaha Terrarium
Daerah perkotaan merupakan kawasan yang identik dengan minimnya penghijauan. Dimana masyarakatnya berusaha mencari-cari tempat untuk dapat menikmati pemandangan hijau yang jarang mereka temui. Namun dengan adanya terrarium sebagai taman mini, dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti kebutuhan tersebut. Dengan demikia terrarium akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk membangun usaha ini, tidak perlu harus mengeluarkan modal awal yang besar. Begitu pula dengan peralatan yang digunakan, juga bukan peralatan yang sulit ditemukan. Secara sederhana, analisis bisnis terrarium tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.
I. Investasi Awal
– Pembelian bibit tanaman Rp. 300.000,00
– Pengadaan wadah kaca/plastik transparan dan peralatannya Rp. 600.000,00
– Pengadaan bahan-bahan media tanam Rp. 300.000,00
Jumlah investasi awal = Rp 1.200.000,00
II. Pendapatan Usaha
Penjualan sekitar 20 buah terrarium @ 100.000,00 = Rp 2.000.000,00
III. Keuntungan Usaha
maka perhitungan keuntungan usaha yang dilakukan adalah :
Rp 3000.000,00 -1200.000,00 = Rp 800.000,00

Inilah salah satu jenis usaha atau Peluang Usaha Kreatif, Unik dan Menjanjikan, yang bisa menjadi peluang bagi para ukm di indonesia khususnya didaerah daerah perkotaan.

sumber : matabaraja.com