Selasa, 4 April 2017 08:56:59
Dilihat sebanyak 6.734 kali

Peluang Buka Usaha Gas LPG di Pekanbaru Riau

Peluang Buka Usaha Gas LPG di Pekanbaru Riau – Peluang usaha agen gas elpiji tentu saja sangat menjanjikan itu karena gas termasuk ke dalam salah satu bahan kebutuhan pokok untuk banyak orang, baik itu rumah tangga atau industry yang berhubungan dengan pangan.

3 kategori Agen Gas Elpiji Pertamina
Berikut ini adalah 3 macam pilihan menjadi penyalur gas LPG yang dapat Anda pilih :

Agen Elpiji

Agen Elpiji atau disebut juga dengan agen utama, dimana agen ini sudah mempunyai badan hukum seperti PT atau koperasi. Itu artinya seseorang yang hendak menjadi seorang agen harus terlebih dahulu mempunyai perusahaan.Karena seorang agen Elpiji ini sebelumnya akan membuat sebuah perjanjian dengan pihak pertamina, dan juga sanggup menjual lebih dari 1 ton per hari. Perusahaan ini akan mendapatkan pasokan langsung dari Pertamina.

Sub agen Elpiji

Anda juga dapat menjadi seorang sub agen Elpiji, atau orang banyak menyebutnya dengan pangkalan. Seseorang yang hendak menjadi sub agen Elpiji ini juga harus sebuah perusahaan atau minimal mempunyai badan hukum yang jelas.Tugas dari sub agen ini adalah menyimpan dan juga menyalurkan gas elpiji ke para pengecer, dengan jumlah kurang dari 1 ton per hari dan biasanya seorang sub agen ini akan mendapatkan pasokan langsung dari agen Pertamina yang resmi.

Pengecer

Peluas bisnis yang ketiga adalah menjaid seorang pengecer. Pengecer adalah sebuah penyalur yang mendapatkan barang dari sub agen. Para pengecer ini bisa siapa saja, baik itu warung, toko atau yang lainnya. Tidak ada syarat khusus untuk menjadi seoran pengecer.Itu sebabnya saat ini ada banyak sekali orang yang menjadi pengecer. Bisnis menjadi pengecer ini juga cukup menjanjikan, mengingat pengecer ini lebih dekat degan para konsumen.

Syarat dan perizinan untuk pangkalan dan sub agen Elpiji
agen gas Elpiji PertaminaUntuk menjadi seorang sub agen gas LPG yang sah atau menjadi seorang pengecer, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti :

Surat keterangan kerjasama dengan agen LPG daerah

Ini adalah sebuah surat keterangan yang menerangkan bahwa sub agen atau pengecer ini akan melakukan kerjasama dengan agen LPG yang ada di daerah tersebut, dengan adanya surat keterangan ini juga pada Agen dapat mendata, berapa tabung gas yang akan digunakan oleh para sub agen atau para pengecer setiap harinya.

Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan HO atau Hinderordonnantie adalah sebuah surat izin gangguan.

Surat HO ini biasanya akan didapat dari Dinas perizian yang ada di kota Anda. Dengan adanya surat izin ini maka perusahaan atau tempat usaha Anda dapat menjual tabung gas dengan aman.

Surat izin dan rekomendasi

Ini adalah sebuah surat Keterangan Izin dan juga rekomendasi untuk dapat mendirikan usaha pangkalan LPG di Kelurahan Anda. Surat seperti ini biasanya harus mendapatkan izin dari keluarahan dan RT dan RW setempat.

Fotokopi KTP

Anda juga harus menyerahkan fotokopi KTP, selain itu juga menyerahkan foto berwarna dengan ukuran tertentu. Yang terakhir yang ada dalam persyaratan menjadi agen penyalur LPG adalah adanya surat kesanggupan patuh pada peraturan Pertamina.

Surat ini tentunya harus dibuat oleh para pengecer atau sub agen untuk dapat mematuhi berbagai macam persyaratan yang diberikan oleh Pertamina.

Dengan lengkapnya persyaratan yang harus diajukan menjadi agen atau pengecer gas dari Pertamina, maka Peluang usaha agen gas Elpiji akan semakin lebar untuk Anda. Demikian Peluang Buka Usaha Gas LPG di Pekanbaru Riau. Sumber : tukang.id dengan perubahan seperlunya.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status