Kamis, 6 April 2017 04:54:47
Dilihat sebanyak 3.447 kali

Peluang Bisnis Service Barang Elektronik di Pekanbaru Riau

Peluang Bisnis Service Barang Elektronik di Pekanbaru Riau
Bisnis Pekanbaru Inspirasi Bisnis Menjalankan Bisnis Modul Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha Riau Bisnis Tips Bisnis

Peluang Bisnis Service Barang Elektronik di Pekanbaru Riau – Salah satu peluang yang tidak boleh di remehkan dan bisa di jadikan peluang untuk kita adalah Peluang usaha Jasa servis Elektronik. Jenis usaha ini tidak begitu banyak yang menjalankan nya, sehingga peluang untuk mendapatkan hasil tidak lah sulit apabila di bandingkan dengan usaha lain. Hal ini di karenakan setiap saat bahkan setiap detik, manusia memakai nya.

Seperti Televisi, Ac, Kulkas, Radio, jam tangan dan lain – lain. Yang sudah pasti memerlukan yang nama nya tukang servis elektronik. Bahkan di kampung saya ada tukang servis yang kewalahan melayani konsumen yang akan melakukan servis elektronik.

Namun untuk menjalankan usaha ini setidak nya kita harus memiliki kemampuan di bidang elektronik, dan itu bisa kita dapatkan melalui kursus atau pelatihan yang banyak di selenggarakan oleh lembaga – lembaga kursus. Biasa nya untuk mengikuti sebuah kursus elektronik ini di patok dengan harga Rp 500.000,- sampai bisa, apabila belum paham maka peserta bisa mengulang secara gratis. Jika sudah memiliki keahlian seperti itu, maka anda tinggal action.

Sasaran Konsumen

Konsumen di usaha ini sudah sangat jelas adalah yang mempunyai nya peralatan elektronik bermasalah atau telah berumur sehingga memerlukan perbaikan dan perawatan. karena hampir semua rumah tangga pasti punya yang nama nya elektronik ini. Sehingga tak perlu kuatir akan konsumen.
Bagaimana Cara Memulai ?

Cara memulai bisnis ini, hal yang pertama setelah memiliki kemampuan di bidang servis elektronik ini adalah membeli peralatan, seperti obeng, kawat las, las elektronik, tang, testimeter dan lain – lain. Untuk masalah tempat usaha ini tidak memerlukan tempat yang luas, kira kira ukuran 3×3 m usaha ini sudah bisa

di jalankan, bahkan kita bisa memanfaatkan ruangan teras rumah yang ada. tetapi jika ingin ramai sekali kita bisa sewa tempat supaya orang yang lewat mengetahui ada tempat servis elektronik. Tetapi jika tidak mempunyai modal yang memadai cukuplah di lakukan di rumah.Itu pun sudah cukup, karena biasanya orang akan menujukan tempat servis elektronik yang ada memang kelihatan atau ramai.

Hambatan Usaha Servis Elektronik

Hambatan usaha servis ini tidak begitu banyak, karena barang yang di pakai termasuk barang yang terbuat dari besi dan baja, sehingga modal nya hanya sesekali saja.
Seperti usaha servis atau bengkel sepeda motor dan mobil. Pesaing pun tidak begitu banyak, tidak seperti usaha lain seperti usaha warung sembako, yang sudah pasti banyak yang menjalankan nya.

Kunci Sukses Di Usaha Servis Elektronik

Untuk menuju sukses di usaha servis elektronik ini adalah, mungkin hampir sama dengan usaha lain, seperti pelayanan dan kualitas pekerjaan yang cepat dan ramah. Selain itu juga harga juga sedikit murah, akan menjadi pertimbangan konsumen.Di tambah layanan datang ke rumah juga akan mempunyai nilai tambah di usaha ini. Kita tinggal berikan atau promosi melalui spanduk dan brosur yang menyertakan layanan tersebut serta memberikan alamat dan nomor telepon di spanduk itu.

Dan yang tak kalah penting juga untuk sukses di usaha ini adalah ketersediaan suku cadang yang cukup, sehingga konsumen tidak perlu cari ke mana – mana, karena suku cadang sudah tersedia di tempat kita. dan ini bisa menghemat waktu pengerjaan nya. karena menurut pengalaman saya sewaktu servis adalah, menunggu lama karena suku cadang nya harus beli ke luar kota.

Ini lah kita harus jeli dengan hal ini,dan kita mesti siap modal yang lebih untuk beli suku cadang yang komplit.
Apalagi jika Peluang usaha Servis Elektronik ini juga di bisa di gabungkan dengan usaha lain seperti jual pulsa, jual kopi, jual mie rebus, dan juga kita bisa jual gorengan buat konsumen sambil menunggu
barang nya di servis. Kan lumayan tuh…

ANALISA MODAL DAN KEUNTUNGAN USAHA SERVIS ELEKTRONIK

MODAL INVESTASI
Beli Peralatan Rp. 1.500.000,-
Sewa Tempat Rp. 4.000.000,-
Beli Suku Cadang Rp. 2.000.000,-
===============
TOTAL Rp. 6.500.000,-

BIAYA OPERASIONAL

Listrik Rp. 150.000,-
Pulsa Rp. 100.000,-
Penyusutan Suku Cadang Rp. 200.000,-
===============
TOTAL Rp. 440.000,-
PERKIRAAN PENDAPATAN PER BULAN

Jika sehari bisa melayani servis 5 orang x Rp. 100.000,-
Maka pendapatan kotor per bualan adalah Rp. 500.000,-
Maka sebulan adalah Rp 500.000, x 30 hari = Rp. 15.000.000,-
Maka di perkirakan balik modal [ BEP ] 2 bulan saja.

Itulah ulasan mengenai peluang usaha jasa servis elektronik yang bisa saya sampaikan, mudah mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang akan menjalankan usaha ini sebagai ladang bisnis yang akan mengisi pundi – pundi income ke kantong anda. Demikain artikel mengenai Peluang Bisnis Service Barang Elektronik di Pekanbaru Riau. Sumber : berbisnisinternet.com dengan perubahan seperlunya.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status