Selasa, 15 Januari 2019 10:25:55
Dilihat sebanyak 186 kali

Pelanggan Bisnis Online Anda Mulai Berpaling? Mungkin Ini Penyebabnya

Pelanggan Bisnis Online Anda Mulai Berpaling? Mungkin Ini Penyebabnya
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Dalam persaingan #bisnis online yang kian sengit, berbagai cara banyak ditempuh pebisnis online agar para pelanggannya tetap setia dengan layanan yang diberikan. Menawarkan beragam kemudahan, hadiah, promo, dan lain sebagainya menjadi trik umum agar para pelanggan tersebut tidak pindah ke lain hati.Namun dalam persaingan tersebut tak jarang banyak usaha online yang gagal mempertahankan pelanggan mereka dan harus menerima kenyataan usaha atau produknya tak lagi diminati. Namun apakah benar semua hal tersebut hanya dikarena produk yang kita jual?

Nampaknya tidak, ada beberapa hal lain yang bisa saja mempengaruhi menurunnya jumlah pembeli atau pelanggan bisnis online yang kita jalankan. Dan berikut ini 3 hal yang mempengaruhi mengapa pelanggan online mulai berpaling:

1. Produk Tidak Terfokus

Hal ini sebenarnya masalah yang cukup klasik bagi pebisnis baik itu online maupun offline. Saat terjun ke dunia bisnis, banyak dari kita yang tidak fokus dalam menentukan produk apa yang akan kita jual. Entah karena terlalu semangat atau banyaknya ide di dalam otak kita sehingga memancing kita cenderung memperbanyak jenis produk yang kita jual.

Memang tidak ada salahnya menawarkan beragam produk lewat toko online atau via #sosial media, namun akan menjadi masalah jika produk yang kita jual tidak mempunyai kaitan satu sama lain. Sebagai contoh, misalnya Anda menjual peralatan untuk bayi, kita juga menjual baju untuk orang dewasa. Meskipun masih serumpun ke dalam jenis barang sehari-hari, nyatanya produk-produk tersebut mempunyai market yang berbeda. Praktis pelanggan kita pun akan mulai mempertanyakan konsistensi bahkan profesionalisme usaha online yang kita jalankan.

2. Menunjukkan Keahlian yang Terlalu Banyak

Pada dasarnya sebagai manusia kita memang diharuskan untuk bisa beradaptasi dan menyerap sebanyak-banyaknya kemampuan atau life skill. Kemampuan tersebut tentunya diharapkan dapat membantu kita dalam menghadapi segala hal termasuk ketika berkutat dengan dunia bisnis.

 

3. Tidak Memperkenalkan Diri dengan Baik

Masalah ketiga yang mungkin menyebabkan pelanggan online menyusut adalah kurang efektifnya proses pengenalan diri. Pengenalan diri di sini tentu yang dimaksud adalah proses mengenalkan usaha kita. Yang menarik dalam hal ini adalah adanya stigma dunia perdagangan yang tidak akan pernah hilang yakni pentingnya komunikasi personal antara penjual dan pembeli.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA