Sabtu, 15 Juni 2019 15:05:45
Dilihat sebanyak 382 kali

Mulailah Belajar Berbisnis Sejak Masih Muda

Mulailah Belajar Berbisnis Sejak Masih Muda
Inspirasi Bisnis

1. Pekerjaan Tidak Akan Selamanya Tersedia
Pekerjaan yang kamu cintai hari ini belum tentu masih terus ada sampai 20 tahun mendatang. Perubahan selalu datang, selera pasar akan terus bergerak fluktuatif. Saat hal yang kamu kerjakan sudah tidak lagi dibutuhkan dan punya nilai jual, maka kamu pun akan tersingkir.

Di Indonesia lapangan pekerjaan juga tidak sebanding dengan jumlah angkatan pencari kerja. Pada tahun 2013 saja 600.000 sarjana Indonesia tercatat menjadi pengangguran. Memiliki pendidikan tinggi tidak selalu berbanding lurus dengan mudahnya mendapatkan kesempatan kerja.

Belajar membuka bisnis sendiri sedari muda akan memperkecil kemungkinan kamu kehilangan pekerjaan di tengah jalan. Berwirausaha membuat kamu jadi pribadi yang tidak tergantung pada siapapun untuk mendapatkan penghasilan. Kamu tidak butuh orang lain membukakan jalan rejeki untukmu, kamu bisa membukanya dengan tanganmu sendiri.

2. Belajar Berbisnis Sedari Muda Akan Membuatmu Jadi Pribadi yang Luwes
Persaingan di dunia kerja itu ibarat hukum survival of the fittest yang kita kenal dari teori evolusi. Hanya mereka yang mampu beradaptasi pada perubahan lah yang akan mampu bertahan. Kamu tidak akan selamanya bisa bertahan dengan mengandalkan kemampuan yang kamu miliki saat ini. Enggan mengembangkan kemampuan sama dengan bunuh diri.

Belajar berwirausaha sejak masih muda akan membuat kamu jadi pribadi yang lebih mudah beradaptasi di segala situasi. Kamu sudah tidak lagi canggung saat harus menyesuaikan diri dengan keinginan pasar, kamu akan jadi pribadi yang lebih cepat belajar ketika dihadapkan pada tuntutan konsumen.

Kemampuan adaptasi yang handal ini sangat krusial dimiliki oleh semua orang yang ingin bertahan lama di dunia profesional. Kemampuan adaptasi yang kamu dapatkan dari pengalaman berwirausaha akan sangat berguna, dan ini tidak hanya berlaku dalam hal profesional saja.

3. Kamu Punya Kesempatan Untuk Dibayar Jauh Lebih Tinggi Dari Gaji yang Kamu Terima Sekarang
Pekerjaan kantoran memang menawarkan stabilitas dan pemasukan yang tetap. Tapi, ada kemungkinan kalau kamu tidak akan benar-benar dihargai sesuai dengan kemampuanmu. Dalam skema perusahaan kamu akan dibayar setara dengan orang lain yang level jabatannya sama. Tidak peduli seberapa keras kamu bekerja dan meluangkan pikiran demi perkembangan perusahaan.

Membuka bisnis sendiri membuat kamu bisa benar-benar dibayar sesuai dengan kemampuan. Pendapatan yang masuk ke kantungmu akan setara dengan kerasnya usahamu bekerja. Semakin keras kamu bekerja, semakin banyak pula hasil yang bisa kamu raih.

Kamu tidak akan lagi dianggap sebagai alat untuk mencapai profit. Belajar berwirausaha sedari muda membuka matamu: sebenarnya kamu punya aset luar biasa yang bisa menghasilkan banyak uang. Kamu pantas mendapatkan imbalan setimpal karena kemampuanmu itu.

4. Matamu Akan Lebih Peka Melihat Kesempatan
Dia yang berhasil adalah dia yang mampu melihat dan memanfaatkan kesempatan yang ada di sekitarnya. Kamu yang sudah terbiasa mengelola bisnis sejak masih muda akan punya insting yang lebih kuat dalam menganalisis berbagai peluang yang berputar di sekeliling bahumu.

Tidak semua orang bisa kepikiran buka bisnis buku bekas impor murah. Tidak semua orang bisa punya inspirasi untuk jadi personal shopper bagi mereka yang suka barang impor tapi gak punya waktu traveling. Kepekaan melihat peluang ini hanya bisa diasah lewat mencoba memasukkan kaki di ranah wirausaha.

Kejelian memilih peluang untuk dijadikan lahan bisnis akan jadi bekal yang baik bagi kehidupanmu dalam jangka panjang. Kamu akan jadi pribadi yang lebih bisa menghargai hal-hal baik yang datang padamu. Kesempatan tidak akan datang 2 kali, maka saat ia datang kamu harus benar-benar gigih berjuang agar bisa berhasil.

5. Membuka Bisnis Sendiri Memberimu Otonomi Dan Kebebasan
Tidak ada lagi waktu kerja dari jam 9 pagi sampai 5 sore selama 5 hari dalam seminggu. Kamu pun tidak lagi perlu bingung memilih setelan kerja apa yang harus kamu kenakan di hari itu. Saat butuh keluar kantor di tengah hari kamu tidak perlu susah-susah minta ijin ke bos dengan hati yang tidak enak karena masih ada tanggungan pekerjaan.

Berwirausaha sedari muda berarti menjadi bos untuk dirimu sendiri sejak dini. Kebebasan dan otonomi yang ditawarkan dari menjadi wirausahawan tidak akan mungkin kamu dapatkan di pekerjaan kantoran. Kamu bisa mengatur waktu dan jadwal sesuai dengan kebutuhanmu. Di mana lagi coba, kamu bisa dapatkan kebebasan semacam itu?

6. Kamu Akan Lebih Menghargai Arti Kerja Keras Dan Disiplin
Saat bekerja orang lain kamu akan dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaikmu demi keuntungan perusahaan. Terkadang performamu akan naik turun, dan biasanya perusahaan akan memakluminya. Hal ini tidak lagi bisa kamu lakukan saat bekerja untuk mengembangkan bisnismu sendiri.

Sumber : hipwee.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA