Menu Ramadhan; Es Tebak

Menu Ramadhan; Es Tebak
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Cara Membuat Es Tebak Padang

Bahan untuk Membuat Tebak
Sebenarnya untuk bisa menikmati es tebak khas Padang ini Anda tidak perlu harus jauh-jauh ke Kota Padang. Sebab Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi untuk membuat es tebak ini terbilang mudah untuk dilakukan.

Untuk membuat tebak, beberapa bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah tepung beras kira-kira 175 gr, tepung sagu kira-kira 25 gr, air bersih kira-kira 750 cc, air kapur sirih kira-kira 2 sdt, dan yang tarakhir adalah garam ½ sdt.

Bahan untuk Membuat Kuah Santan

Untuk membuat kuah santan dari es tebak ini, beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan adalah santan kelapa secukupnya, garam kira-kira ½ sdt dan jangan lupa daun pandan 2 lembar yang diikat sampul untuk memberikan aroma yang harum pada kuah es tebak ini.

Bahan untuk Kolang Kaling

Beberapa bahan yang harus Anda persiapkan adalah kolang kaling kira-kira 350 gr, pewarna merah ¼ sdt, gula pasir kira-kira 80 gr, dan yang terakhir adalah air bersih kira-kira 75 cc.

Bahan Pelengkap untuk Es Tebak

Sedangkan untuk beberapa bahan pelengkap yang harus Anda persiapkan pada saat ingin membuat es tebak adalah tape ketan kira-kira 250 gr, cincau hitam kira-kira 250 gr lalu potong sesuai selera, susu kental manis kira-kira 100 cc, sirup merah kira-kira 100 cc, dan yang terakhir adalah es serut kira-kira 700 gr.

Cara Membuat Es Tebak Khas Palembang

Setelah semua bahan-bahan di atas Anda lengkapi semua, langkah selanjutnya pada saat ingin membuat es tebak adalah sebagai berikut ini:

1. Campur terlebih dahulu ke dalam satu wadah tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih, air bersih, dan garam untuk membuat tebak. Setelah Anda masukkan semua, lalu aduk sampai menyatu dan merata. Selanjutnya rebus sampai mendidih dan matang lalu angkat.

2. Selanjutnya tebak yang sudah matang tadi kemudian buatlah seperti cendol dengan cara memasukkannya ke dalam saringan cendol lalu Anda tinggal menekannya sampai keluar. Lalu tebak yang keluar dari saringan cendol tadi tampung dalam sebuah wadah yang sebelumnya sudah Anda isi dengan air dingin.

3. Lanjutkan dengan membuat kuah santan dengan cara merebus santan terlebih dahulu lalu masukkan daun pandan dan juga garam. Aduk hingga rata dan rebus sampai matang lalu angkat.

4. Kemudian panaskan kembali air dalam panci lalu tambahkan gula pasir dan juga pewarna makanan yang berwarna merah dan aduk hingga rata. Ambil kolang kaling yang sudah Anda bersihkan dan iris kemudian masukkan ke dalam rebusan campuran dari air, gula, dan pewarna tadi. Aduk hingga merata lalu tunggu selama beberapa saat sampai kolang kaling dirasa sudah matang dan sampai campuran gula dan juga pewarna tadi meresap ke dalam kolang kaling.

5. Lanjutkan dengan menuangkan tebak ke dalam wadah saji kemudian tambahkan tape ketan hitam, potongan cincau, dan juga kolang kaling tadi. Selanjurnya siram dengan kuah santan, susu kental manis, sirup, dan juga es serut.

6. Es tebak khas padang sudah jadi dan siap untuk Anda hidangkan.
Jadi sebenarnya semudah itulah cara untuk membuat es tebak ini. Namun mungkin prosesnya sedikit lama lantaran Anda harus membuat tebaknya terlebih dahulu.

Source :http://www.apasih.web.id

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU