Kamis, 15 Agustus 2019 17:03:20
Dilihat sebanyak 367 kali

Mencapai Target Penjualan

Mencapai Target Penjualan
Inspirasi Bisnis

a. Kenali target anda

Langkah awal untuk memenuhi target penjualan anda ialah dengan melihat siapa yang anda tuju. Dalam arti lain siapakah target konsumen produk anda apakah remaja, ibu rumah tangga atau malah pria / wanita lajang. Tentukan target anda ini di awal perjalanan anda sebelum terjun di lapangan. Kenali lokasi mana yang memang terdapat konsumen yang anda tuju seperti perumahan, mall atau di lingkungan industri.

b. Pahami dulu produk yang anda tawarkan

Anda juga perlu memahami produk yang anda tawarkan dengan mempelajari penggunaannya. Teliti terhadap kelemahan dan kelebihan produk yang ditawarkan. Bandingkan pula dengan produk sejenis dari kompetitor anda. Ketika menjelaskan gunakan pula bahasa yang sesuai dengan latar belakang konsumen agar dapat dimengerti dan lebih dekat dengan konsumen.

c. Jangan lupakan metode SMART

Saat membahas target penjualan memang tak bisa lepas dari metode SMART yang banyak pula disebutkan dalam buku – buku bisnis. SMART disini merupakan kepanjangan dari specific, measurable, attainable,realistic dan time bounded. Bila dijabarkan maka target penjualan bisa diraih jika anda mampu menentukan secara spesifik pencapaian yang ingin anda raih. Kemudian apakah pencapaian tersebut dapat diraih dan terukur secara pasti. Boleh saja anda menetapkan target penjualan yang tinggi asal masih masuk akal serta waktunya dapat ditentukan. Tentu ada batasan waktu agar anda bisa menyimpulkan apakah strategi anda gunakan sudah tepat atau belum.

d. Gunakan strategi pemasaran

Anda juga perlu menerapkan strategi pemasaran bilamana konsumen mulai terlihat kurang tertarik dengan produk anda. Strategi pemasaran tentu saja beragam mulai dari diskon, buy 1 get 1, sampel gratis hingga strategi lainnya. Salah satu strategi pemasaran yang kerap digunakaan saat ini ialah kredit barang. Tidak hanya uang saja yang bisa anda kredit namun juga barang dagangan. Barang dagangan ini beraneka rupa mulai dari barang elektronik, fashion hingga kebutuhan pokok.

e. Bangun team work yang kuat

Anda juga perlu membangun team work yang baik sehingga target yang ingin diraih pun akan terpenuhi. Membangun team work yang baik bisa dimulai dengan memperbaiki komunikasi antar anggota dan lebih terbuka atas kekurangan dan kelebihan masing – masing. Saling tukar pengalaman akan menginspirasi para sales junior untuk menjadi lebih baik dan handal di masa depan.

f. Perkuat networking

Jika anda berada di departemen penjualan tentu saja perlu memperluas jaringan. Konsumen bisa datang dari mana saja dan memperkuat relasi bisnis akan mampu memperluas distribusi produk yang kini sedang anda jual belikan. Networking ini bisa terdiri dari konsumen yang pernah menolak anda atau yang sekarang menjadi konsumen tetap anda. Oleh karena kartu nama itu sangat penting anda bawa kemanapun dan jangan lupa untuk saling bertukar nomor telepon dengan calon konsumen anda.

Sumber : carajadikaya.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA