Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis
Inspirasi Bisnis

Pada dasarnya bisnis bisa dimulai kapanpun, di manapun dan oleh siapapun. Tidak peduli apapun latar belakang pendidikan dan keluarga, seseorang bisa saja membangun sebuah bisnis atau usaha Kesempatan setiap orang untuk mendirikan usaha itu sama, hanya saja hasil akhirnya yang berbeda.

Seperti yang dibahas di awal ulasan ini bahwa cukup banyak faktor yang bisa mempengaruhi kelangsungan atau usaha. Nah, salah satu faktor tersebut adalah tempat pendirian bisnis atau usaha. Sudah menjadi rahasia umum bahwa lokasi usaha seringkali manjadi penentu berhasil atau tidaknya bisnis anda.

1.Memanfaatkan lahan kisong untuk bisnsi kontrakan

Kontrakan menjadi salah satu bisnis yang cocok untuk dibangun di lahan kosong. Selain termasuk dalam investasi jangka panjang, membangun kontrakan di lahan kosong yang anda miliki akan mambuat anda memiliki penghasilan yang cukup besar dan stabil.

Nah, untuk membangun kontrakan sebainya anda membangunnya dengan benar. Jangan asal-asalan karena bisnis ini merupakan bisnis jangka  panjang yang tentunya seperti perbaikan dan biaya-biaya lainnya bisa cukup membebani jika anda tidak membangun rumah kontrakan dengan benar sejak awal.

2.Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Tempat Parkir
Bisnis kedua yang bisa anda bangun di lahan kosong adalah tempat parkir. Jika lahan kosong anda terletak di daerah pinggir kota, pusat kota atau dekat dengan terminal, stasiun dan tempat-tempat publik lain di mana banyak orang biasanya akan menitipkan sepeda. Maka pilihan untuk memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis tempat parkir sangatlah tepat.

Di kota-kota besar saat ini bisa kita lihat kemacetan yang terus saja menjadi permasalahan utama. Hal ini tentu membuat orang-orang merasa malas untuk membawa kendaraan sendiri kan? Mereka lebih suka berangkat dari rumah dengan kendaraan pribadi dan di satu titik mereka akan lebih memilih untuk berganti menggunakan transportasi umum. Nah, anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membangun tempat parkir di lahan kosong yang anda miliki.

Sebaiknya anda juga membangun tempat parkir yang memiliki atap dan bangunan khusus. Di mana atap pada tempat parkir ini bisa berfungsi sebagai pelindung kendaraan dari terpaan hujan atau panas matahari. Sedangkan untuk bangunan tertutup, mungkin anda bisa menggunakannya untuk penitipan kendaraan 24 jam.

3. Memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis  disewakan pada pihak lain 

Penyewaan lahan kosong kepada pihak ketiga bisa manjadi pilihan yang tepat jika anda tidak suka dengan pemeliharaan dan lain sebagainya. Pilihan bisnis ini juga cocok bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurus bsnis sampingan. Jadi anda yang mungkin merupakan karyawan penuh di sebuah perusahaan, jika anda memiliki lahan kosong, maka and bisa menyewakan lahan kosong dan anda bisa mencoba peruntungan dengan menawarkan lahan kosong anda pada mereka.

Pengusaha POM Bensin
Jika ada orang yang memiliki lahan kosong tapi tidak memiliki modal untuk mendirikan usaha, maka ada juga orang yang memiliki modal untuk mendirikan usaha tapi tidak memiliki lahan yang cocok. Nah, anda bisa mencoba memanfaatkan lahan kosong yang anda miliki untuk ditawarkan pada pengusaha POM bensin salah satunya. Caranya, anda bisa mendatangi kantor cabang Pertamina terdekat untuk menawarkan lahan kosong yang anda miliki. Nanti pihak Pertamina akan membuka atau memberikan anda jalan jika memang ada pengusaha POM bensin yang sedang kesulitan mencari lahan untuk mendirikan POM bensin.

Pemilik Pabrik
Selain untuk usaha POM bensin, nyatanya anda juga bisa menyewakan lahan kosong yang anda miliki kepada pemilik pabrik. Biasanya ada cukup banyak pemilik pabrik yang ingin meluaskan pabrik atau tempat usahanya namun belum menemukan lokasi yang sesuai. Selain itu, pemilik pabrik biasanya juga membutuhkan lahan kosong untuk mendirikan toko atau gudang sebagai salah satu bentuk pengembangan bisnis. Anda bisa mencari informasi tentang pemilik pabrik yang membutuhkan lahan kosong melalui internet. Atau anda juga bisa membuat iklan di internet atau membuat flyer (selebaran) agar informasi mengenai penyewaan lahan kosong milik anda lebih cepat tersebar.

Pengusaha Taxi atau Truk
Nah, opsi ketiga dalam penyewaan lahan kosong adalah pengusaha taxi atau angkutan truk. Anda tentu tahu bahwa biasanya pengusaha seperti ini akan membutuhkan tempat lapang untuk memarkirkan kendaraan-kendaraannya saat tidak beroperasi. Anda jelas bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan lahan kosong yang anda miliki untuk disewa oleh mereka. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, anda bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai pengusaha taxi atau truk di wilayah anda.

Sumber : carajadikaya.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA