Langkah Simpel Membuat Produk Laris Manis

Langkah Simpel Membuat Produk Laris Manis
Inspirasi Bisnis

1. Jadi Orisinil atau Autentik
Maksudnya, jadilah diri sendiri. Orisinillah dalam ide, menjadi yang terdepan. Proses ATM (Amati-Tiru-dan Modifikasi) adalah pelajaran awal ketika memulai. namun setelah anda buat produk dan bisnis berdasatkan metode ATM, anda tetap harus autentik dalam strategi, bisa jadi autentik dalam iklan, bisa jadi autentik dalam metode pemasaran, metode manajemen dan sebagainya.

Steve Job pernah berpesan pada penerusnya Tim Cook, CEO APPLE,

“Jangan pernah mengikuti pola pikirku saat mengambil keputusan. Jangan pernah menjadi penerus seperti di Walt Disney yang terus-menerus mempertanyakan What Would Dalt Do. Jangan kotori kejernihan pikiranmu dengan menanyakan What Would Steve Do. Itu akan sia-sia, dan perusahaan ini taka akan berkembang. Jadilah dirimu sendiri, dengan ide-idemu yang autentik, karena tantangan perusahaan Apple di masamu akan berbeda dengan di masaku. Tugasmu memberikan RESPON terbaik, menurutmu, bukan menurutku!”

2. Engkaulah Konsumen Pertama Produkmu
Sebagian dari kita mengatakan membuat produk ini dan itu untuk memenuhi permintaan pelanggan, atau untuk memenuhi permintaan pasar. Bahkan untuk memanfaatkan momen dan kesempatan tertentu. Taukah hasilnya? Hasil dari produk yang katanya memenuhi keinginan pelanggan hanya jadi produk menengah yang mudah dilupakan, atau hanya ‘menyesaki pasar’ tidak jadi produk ‘ngangenin’ yang benar-benar dicari dan dicintai pelanggan.

Mau tahu contohnya?
Cobalah lihat produk-produk souvenir di tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia. sedikit sekali yang benar-benar dirancang dan dibuat dengan baik. Sedikit sekali yang bisa membuat konsumen benar-benar suka, apalagi jatuh cinta pada produknya. Konsumen justru membeli bukan karena suka, tapi hanya karena membutuhkan souvenir untuk memenuhi kewajibannya membawa oleh-oleh. Kita tak bahagia saat membelinya, tak juga merasa bangga saat memberikannya sebagai oleh-oleh pada keluarga dan sahabat di rumah. Bahkan setelah dibelipun, produk tersebut hampir tidak pernah digunakan alias mubazir.

Sumber : kampungwirausaha.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA