Kerajinan Dari Bomggol Jagung

Kerajinan Dari Bomggol Jagung
Inspirasi Bisnis

Ditangan seorang kreatif, sampah pun jadi intan. Begitu pula seorang Eddy Juandy di Bogor ini. Dia sukses membuat karya seni bernilai tinggi dengan bahan baku bonggol jagung.

Bonggol jagung mungkin dianggap limbah yang sudah tidak berguna bagi sebagian orang. Tapi dengan kreativitas yang mumpuni dari perajin Kedung Halang Bogor, bonggol jagung bisa diubah menjadi kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi. Dari bonggol janggung tersebut kita bisa menikmati karya seni dalam bentuk lampu hias, kap lampu, pembatas ruangan, dan anyaman tas.

Kerajinan bonggol jagung ini menggunakan bonggol jagung ‘sampah yang didapat dari limbah pasar. Pembuatan karya ini sangat rumit atau memerlukan waktu yang cukup panjang. Proses mulai dari pengumpulan bonggol, sortir, pengeringan, sampai proses finishing bisa memakan waktu hingga 3 bulan lamanya.Bukan itu saja, yang membuat kerajinan ini memang seperti sebuah karya seni, adalah uji kesabaran dan kreatifitas dari perajinnya sendiri. Jadi wajar sekali jika kerajinan ini dihargai sangat mahal. Untuk kerajinan sederhana harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Untuk hasil karya kerajinan yang kompleks dan rumit, harganya bahkan bisa berkisar 3 juta hingga 10 juta rupiah.
Industri kerajinan ini ternyata ikut membantu mengurangi limbah yang ada di pasar.

Sumber : kampungwirausaha.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA