Inspirasi Bisnis Kuliner yang Menjanjikan di Riau

Bisnis kuliner yang tidak ada hentinya membuat sebagian kalangan tertarik untuk menggelutinya. Karena pangsa pasar yang luas dan relatif tidak membutuhkan modal yang besar, maka bisnis kuliner sangat potensial untuk dikembangkan di daerah Riau.

Tanpa pengalaman, panduan dan kiat-kiat untuk memulai usaha kuliner akan sangat anda butuhkan. Dapatkah anda mulai menghitung ada berapa jumlah warung kuliner di daerah Pekanbaru misalnya? Cobalah lihat dan resapi, jika anda ingin menjadi seorang pebisnis diperlukan insting bisnis. Tidak usah khawatir, insting bisnis akan muncul dengan sendirinya seiring bertambahnya pengalaman bisnis.

Beberapa tips dibawah ini akan membantu anda, masyarakat atau wirausahawan Riau dalam membangun bisnis kuliner di daerah Riau. Simak beberapa pilihan yang diramkum dari berbagai sumber dibawah ini :

1. Pecel lele

Pecel lele banyak digemari oleh berbagai kalangan. Pengolahan dan bahan nya pun relatif sederhana dan mudah. Serta harga yang bersahabat di kantong konsumen. Cari info dan kuasai resep berabagai menu hidangan warung pecel lele, seperti pecel lele, pecel ayam, pecel bebek, tempe, tahu, ati-ampela bahkan hingga nasi goreng. Anda perlu menguji coba masakan-masakan tersebut setidaknya enak bagi anda dan maksimal enak bagi 5 tester. Jangan lupa sambel perlu menjadi perhatian dan usahakan rasanya enak dan bandingkan dengan sambel  pecel lele di tempat lain.

2. Aneka Cake dan Bakery

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha kuliner cake & bakery, maka saat itulah Anda akan memperoleh banyak tantangan meskipun belum Anda mulai. Sebab, pelaku bisnis kuliner di bidang ini semakin lama jumlahnya semakin banyak. Karena bisnis ini dianggap cukup menjanjikan karena produk yang dijual adalah produk yang disukai banyak orang. Bagi konsumen, hal ini tentunya sangat menyenangkan. Tetapi bagi produsen cake & bakery hal ini bisa jadi hal yang kurang berkenan tapi bisa jadi juga hal ini menjadi hal yang menyenangkan dan menantang. Sumber : ideusahabisnis.com

3. Sajian Es

Jenis makanan beku yang biasanya dibuat dari produk susu ini memang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Dan, terdapat banyak sekali hal yang dapat anda manfaatkan untuk makanan selezat es krim. Apalagi kalau bukan peluang usaha baru dengan berbagai macam cara serta ruang dalam memulai usaha nikmat yang satu ini. Untuk awal usaha es krim, anda perlu memperhatikan modal dan belajar dari pengusaha yang telah berpengalaman. Sumber : erakini.com

4. Kuliner tradisional lokal

Siapa bilang makanan tradisional sepi peminat? Justru stigma positif masyarkat yang menganggap makanan lokal lebih enak dan sehat dapat menjadi bisnis yang potensial. Kuliner tradisional menjadi pilihan bagi mreka yang bosan dengan menu moderen di perkotaan seperti pekannbaru. Makanan tradisional dari daerah lain juga bisa mengundang rasa penasaran orang. Manfaatkan pengalaman anggota keluarga atau karyawan anda untuk mengembangkan makanan tradisional khas dari berbagai deaerah di Indonesia.

5. Kuliner internasional

Walaupun jenis kuliner ini sudah banyak di perkotaan, anda bisa mencobanya di daerah tingkat kabupaten yang jauh dari pusat kota. Ditambah lagi bila anda bisa bersaing dalam hal harga dan pelayanan, atau lokasi dan menu yang kreatif dan berbeda dari biasaya, bisnis ini akan tetap diminati oleh banyakk kalangan.

Ide bisnis kuliner yang datangnya dari hati, dapat menjadi potensi bisnis yang tak diduga sebelumnya. Bahkan kebanyakan, orang-orang yang bisnis kulinernya sukses awalnya hanya sekedar iseng belaka atau karena hobi kecil kecilan.

Namun karena respon dan permintaan dari masyarakat yang meningkat, maka dijadikanlah bisnis tersebut. Istilah ‘terpaksa membuka bisnis akibat banyak permintaan’ mungkin jadi istilah yang menarik. Mengingat, memang seringkali lahirnya bisnis yang sukses karena konsumen atau tren yang ‘memaksa’.

Dirangkum oleh muhammad reza dengan berbagai sumber.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status