Senin, 17 Juni 2019 13:27:19
Dilihat sebanyak 280 kali

Ingin Hobi yang Menghasilan Uang? Simak Tips Ini!

Ingin Hobi yang Menghasilan Uang? Simak Tips Ini!
Inspirasi Bisnis

Untuk menjadikan hobimu ladang uang, yuk simak beberapa tips berikut ini.

Kenali hobimu untuk bisa menjadi lahan bisnis baru

Tidak hanya mengenali hobimu tapi juga kembangkan hobimu dengan cara mendalami hobimu sendiri yaitu mengikuti workshop atau seminar bahkan kamu juga bisa bergabung dengan komunitas atau teman-temanmu yang mempunyai hobi yang sama denganmu.

Setelah itu lakukan riset terhadap hobimu agar kamu mempunyai pengetahuan tentang hobimu dan kamu bisa menciptakan peluang bisnis dari hobi yang kamu miliki. Gunakan pengetahuan yang kamu dapatkan dari riset dan seminar yang telah kamu ikuti untuk mengembangkan hobimu dan pengetahuan tentang hobimu. Jika sudah paham betul dengan hobimu, pasti bisa menjadikan hobi yang menghasilkan uang.

Hobi yang menghasilkan uang harus dimulai dengan perencanaan bisnis

Sebelum kamu memulai bisnis, buatlah rencana bisnis terlebih dahulu. Dengan mencari tahu target pasar kemudian gambarkan secara jelas produk yang akan kamu pasarkan kepada konsumen, pada hal ini kamu mulai menciptakan brand-mu, kemudian buatlah proses pengelolaan produkmu dari awal sampai menjadi barang jadi.

Setelah itu buatlah strategi pemasaran untuk menjual produkmu, buatlah perencanaan pemasaran dengan cara yang unik agar memberi nilai tembah bagi usahamu. Lakukan analisa terhadap kompetitor sehingga kamu bisa tahu strategi apa yang telah dilakukan pesaingmu dipasaran sehingga kamu punya acuan untuk membuat inovasi. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi sistem manajemen dalam membuat perencanaan bisnismu.

Jalankan bisnismu dengan profesional

Ketika kamu telah memulai bisnismu jalankanlah secara profesional dan buat orang-orang tahu bahwa anda menjalankan suatu bisnis dengan serius, sehingga kamu juga memerlukan beberapa perlengkapan seperti nomor telepon untuk menjalankan bisnis, alamat bisnis, email bisnis dan tentu saja kamu harus memperlakukan orang dengan cara yang baik juga. Ingat ya hobi yang menghasilkan uang tidak selalu berjalan mulus bahkan jadi kamu harus bersikap profesional.

Perluas jaringan

Salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis hobimu yaitu dengan cara memperluas jaringan, kamu bisa memulainya dengan memperbanyak kenalan, bergabung dengan forum atau komunitas pengusaha, setelah itu bangun jalinan dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan sosial media yang kamu punya untuk mempromosikan bisnismu seperti membuat channel youtube, facebook, instagram, membuat website, dll. Kamu juga bisa mengikuti pameran bisnis untuk mengenalkan produk bisnismu.

Analisa dan perbaikiAnalisis sangat diperlukan untuk membangun bisnismu. Kamu bisa melihat kekuatan dan kelemahan dalam bisnismu dibandingkan kompetitor sejenis sehingga kamu bisa mengambil tindakan untuk meminimalisir kelemahan dari bisnismu. Kamu bisa meminta feedback seperti meminta komentar atau mengisi survey kepuasan pelanggan, kemudian darisana mintalah mereka untuk memberikan komentar tentang produk yang kamu jual, sehingga kamu bisa mengetahui keinginan pelanggan dan memperbaiki kualitas produk bisnismu.

Sumber : shopback.co.id

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA