Selasa, 11 Juli 2017 09:22:02
Dilihat sebanyak 1.725 kali

Hobi Koleksi Sneakers ? Mulailah Usaha Laundry Sepatu

Hobi Koleksi Sneakers ? Mulailah Usaha Laundry Sepatu
Bisnis Pekanbaru Inspirasi Bisnis

Image result for laundry sepatu

Hobi Koleksi Sneakers ? Mulailah Usaha Laundry Sepatu – Peluang usaha laundry adalah bisnis rumahan yang cukup menjanjikan keuntungan. Hal ini tidak terlepas dari semakin sibuknya masyarakat sehingga membutuhkan jasa pencucian pakaian, termasuk jasa cuci sepatu. Jika bisnis jasa cuci pakaian telah cukup banyak ada di sekitar tempat tinggal anda, maka tiada salahnya untuk mengkhususkan diri dengan membuka usaha jasa cuci pada produk fashion yang lebih spesifik, misalnya usaha jasa cuci atau laundry sepatu. Lalu, bagaimanakah caranya merintis bisnis jasa laundry sepatu?

Untuk memulai usaha laundry sepatu tidak jauh berbeda dengan laundry pakaian pada umumnya , Beberapa hal yang berbeda adalah jenis mesin cuci yang dipakai serta juga ditergennya. Untuk uraian rinciannya, yuk silakan lihat kiat-kiatnya berikut ini!

  • Menganalisa Prospek Jasa Laundry Sepatu di Daerah Anda

Sebelum memutuskan untuk merintis bisnis jasa cuci sepatu, ada baiknya terlebih dahulu melakukan analisa sederhana untuk mencari tahu apakah bisnis ini saat ini memiliki prospek yang bagus di daerah anda. Memang untuk mendapatkan data yang akurat, analisa prospek bisnis biasanya dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengumpulan data, survey lapangan, dan pengumpulan data dengan metode lainnya. Namun sebagai wirausahawan pemula dengan kemampuan modal terbatas, cara yang termudah dilakukan adalah dengan pengamatan dan observasi langsung di sekitaran tempat tinggal anda. Pelanggan laundry sepatu biasanya para siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, dan profesi lain yang intens menggunakan sepatu. Jika jumlah mereka cukup banyak di wilayah anda, maka anda bisa menarik simpulan bahwa bisnis jasa cuci sepatu cukup potensial.

  • Persiapan Perlengkapan Usaha

Jika anda sudah memiliki kesimpulan bahwa peluang usaha cuci sepatu cukup bagus untuk dirintis, maka tahap berikutnya adalah persiapan tempat usaha, peralatan, dan perlengkapan usaha. Untuk tempat usaha, sebagai permulaan anda bisa menggunakan bagian dari rumah anda. Luas tempat usaha yang dibutuhkan mencakup untuk tempat mesin cuci, tempat penjemuran/pengeringan, tempat rak/lemari sepatu, dan tempat perlengkapan usaha seperti detergen dan parfume laundry.

  • Membeli Dan Memilih Mesin Cuci Sepatu

Sementara itu, mesin cuci yang diperlukan untuk mencuci sepatu adalah mesin cuci khusus (shoes laundry machine) yang berbeda dengan mesin cuci baju. Harga sebuah mesin cuci sepatu cukup bervariasi, mulai dari 2 jutaan rupiah hingga di atas 5 jutaan rupiah, bergantung fitur dan kapasitasnya. Ada baiknya membeli mesin cuci sepatu yang memiliki fasilitas dryer (pengering) sehingga proses penyelesaian pekerjaan hingga kembali ke tangan konsumen menjadi lebih cepat. Saat ini, merek mesin cuci sepatu yang banyak beredar di pasaran kebanyakan buatan China dan Taiwan seperti Goldchilly, LJ, Sailstar, dan sebagainya. Sementara itu produsen-produsen elektronik besar masih jarang yang memproduksi mesin laundry sepatu.

  • Peralatan Dan Perlengkapan Cuci Sepatu

Perlengkapan lainnya yang harus disiapkan dalam usaha jasa cuci sepatu adalah bahan detergen dan pewangi. Dalam mencuci sepatu, ada tiga macam cara pengerjaan laundry, yakni proses Wet Clean, Dry Clean; dan Wet & Dry. Dalam proses Wet Clean (pencucian basah) dibutuhkan beberapa bahan kimia, antara lain: Anti Bacterial Ls, Surfaktan E Ls, Cleaner O Ls, Neutralizer S Ls, Solvent Perfume, dan Water (Kimia Utama). Sementara itu, pada proses Dry Clean (pembersihan kering) bahan-bahan kimia yang diperlukan antara lain: Shoes Cleaner (Kimia Utama), Anti Bacterial Ls, Neutralizer S Ls, dn Solvent Perfume. Sedangkan proses Wet & Dry membutuhkan peralatan berupa sikat halus, sikat kasar, kuas, kain microfiber, penghapus karet, suede spon, dan botol semprot.

  • Mengenal Noda Pembersih Sepatu Dengan Bahan Kimia

Ada kalanya banyak sepatu konsumen yang terkena noda bandel sehingga tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Diperlukan bahan cairan kimia untuk mengembalikan warna sepatu dan kilapnya. Oleh karena itu, para calon wirausahawan perlu belajar membersihkan sepatu dengan peralatan ekstra berupa cairan kimia pencuci. Proses yang pertama adalah Chemicals Identification.

Pada tahap Chemicals Identification anda harus bisa mengenali jenis media atau bagian bahan sepatu yang akan dibersihkan. Penggunaan bahan kimia yang kurang tepat justru bisa membuat warna atau bahan sepatu menjadi rusak. Jika masih belum berpengalaman, anda bisa melakukan uji coba dengan menggunakan bantuan cotton bud. Celupkan ke bahan kimia utama Wet Clean atau Dry Clean, kemudian oleskan bahan kimia tersebut pada bagian tersembunyi dari sepatu yang ingin dibersihkan. Setelah 2-5 menit, lihat reaksi yang terjadi pada permukaan sepatu yang diolesi bahan kimia tersebut. Jika aman atau tidak terjadi reaksi yang merusak warna atau bahan sepatu, maka anda bisa melanjutkan penggunaan bahan kimia tersebut secara bertahap.

Proses ke dua adalah Tools Identification, yakni mengidentifikasi jenis peralatan apa yang paling cocok digunaan untuk membersihkan bahan sepatu. Misalnya, anda tidak boleh menggunakan sikat kasar pada permukaan sepatu yang berbahan agak berbulu, seperti sepatu sneakers atau permukaan sepatu mengkilap. Jadi pada tahap tools identification anda harus cermat dalam menentukan media sepatu apa yang dapat menggunakan golongan sikat; media yang bagaimana yang tidak dapat disikat; dan media sepatu apa yang harus menggunakan alat khusus seperti spon suede, polisher, dan lainnya. Proses ke tiga adalah proses utama (main process) yang berupa dry clean method, wet clean method, dan wet&dry method.Sumber : diedit.com

 

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA