Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bisnis Franchise

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bisnis Franchise
Inspirasi Bisnis


BeritaUKM,Riau-Jika kamu ingin membeli bisnis franchise, jangan asal pilih dan beli. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih Franchise. Setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika memilih bisnis franchise:

 

#1. Lihat pemilik franchise atau manajemen franchise

Jangan Asal Ikut Bisnis Franchise, Supporting Business - Perencana Keuangan Independen Finansialku bisnis franchise Jangan Asal Ikut Bisnis Franchise, Pilih yang Menguntungan! Jangan Asal Ikut Bisnis Franchise Supporting Business Perencana Keuangan Independen Finansialku

Kebanyakan orang lupa melihat karakter pemilik franchise. Sebagai informasi, salah satu cara Bank menilai seseorang layak mendapat kredit atau tidak adalah menilai karakter orang yang mengajukan kredit. Begitupula dengan membeli franchise. Lihat karakter pemiliknya, apakah tipe orang yang dapat diajak bekerja sama atau tipe yang cuma mau untung sendiri.

 

Kalau franchie belum terlalu besar, mungkin Anda dapat bertemu langsung dengan pemilik franchise. Jika bisnis franchise sudah besar, Anda mungkin bertemu dengan tim manajemen. Disadari atau tidak, gaya manajemen adalah refleksi dari karakter pemilik.

 

#2. Kenali potensi pasar dan kemungkinan pertumbuhan bisnis (growth)

Ketika membeli bisnis, jangan lupa ilhat potensi pasar dan pertumbuhan bisnis. Jangan hanya pasrah dan percaya pada prospektus yang diberikan pemilik bisnis franchise. Anda harus melakukan tes sendiri.

 

#3. Jangan lihat pada harga, tetapi fokus pada ROI

Kalau Anda membeli bisnis, fokus pada ROI (return on investment). Pengembalian atas investasi Anda. Anda juga dapat membaca cara menghitung ROI.

#4. Cari data pendukung sebanyak-banyaknya

Dalam Negosiasi bisnis, pemenang adalah: Orang yang memiliki data paling lengkap, orang yang berpikir win-win solution dan mampu berkomunikasi dengan efektif. Anda perlu melakukan wawancara dengan orang-orang yang sudah pernah membeli waralaba mereka. Cari testimonial yang banyak.

#5. Cari tahu supporting bisnisnya

Apa bedanya membeli bisnis franchise dan membangun bisnis sendiri? Salah satu bedanya adalah ketika membeli bisnis franchise, jangan pernah membuat kebijakan improvisasi sendiri. Ikuti pakem sistem yang sudah dibuat pemilik franchise.


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA