Catat 4 Hal Ini Agar Sukses Saat Bisnis Food Truck

Catat 4 Hal Ini Agar Sukses Saat Bisnis Food Truck
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Food truck kini menjadi alternatif bagi pengusaha yang ingin berbisnis kuliner di Indonesia. Masalahnya, banyak tantangan untuk menemukan lokasi usaha yang tepat.Maklum, ketika mencari lokasi yang tepat, pengusaha kuliner sering terbentur dengan berbagai kendala seperti lokasi yang kurang strategis atau mahalnya harga beli atau sewa tempat. Padahal, dalam bisnis kuliner, lokasi cukup menentukan sukses atau tidaknya sebuah usaha.

Meski demikian, bukan berarti bisnis kuliner satu ini tidak punya kendala. Sama seperti jenis usaha lainnya, bisnis makanan dengan menggunakan mobil truk sebagai dapur ini juga punya tantangannya sendiri.

Agar lebih jelas, berikut ini sejumlah tantangan yang kerap dialami para pelakunya:

1. Sulit menciptakan pelanggan

Dalam bisnis kuliner, loyalitas pelanggan itu sangat penting. Tidak ada pemilik restoran atau café yang sukses hanya dengan mengandalkan pengunjung tidak tetap. Masalahnya, konsep dasar food truckadalah restoran atau café yang selalu berpindah-pindah lokasi jualan

2. Masih musiman

Mendapat ruang berjualan, khususnya di kota besar, tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi konsep bisnis yang dimiliki adalah berjualan di luar ruangan.

Karena itu, dalam menentukan tempat berjualan, kebanyakan pelaku bisnis kuliner ini mengandalkan acara-acara tertentu seperti konser musik, pameran atau kegiatan lainnya seperti car free day.Di luar acara resmi seperti ini, pelaku usaha kerap kesulitan mendapatkan lokasi usaha yang menarik namun legal. Karena itu, bisa dikatakan bisnis yang ada masih jadi bisnis musiman.

3. Konsep food truck dituntut unik

Secara umum semua bisnis harus miliki konsep yang matang dan miliki keunikan. Hal ini juga berlaku bagi bisnis berdagang di luar ruangan dengan menggunakan kendaraan ini. Agar sukses membetot perhatian, pelaku tidak boleh hanya mengandalkan sisi makanannya saja.

Memang, tanpa kualitas produk yang prima, bisnis kuliner akan sulit bertahan. Namun, jika tertarik menjadi pemilik restoran berjalan, kita juga harus punya kelebihan lain yang dituangkan dari keseluruhan konsep yang dimiliki. Tidak hanya itu, kendaraan atau mobil truk yang dipilih juga harus mendukung.

4. Izin food truck sering sulit

Salah satu tantangan terberat bisnis ini adalah perizinan. Bila restoran biasanya hanya memerlukan izin usaha dari dinas pariwisata dan dinas kesehatan, pemilik truk restoran ini wajib mengantongi izin dari dinas kesehatan, dinas pariwisata dan izin dari dinas perhubungan untuk urusan lahan parkir.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA