Cara Memulai Usaha Percetakan Undangan Pernikahan

Untuk menjalankan usaha ini bisa mulai kita lakukan dengan sebuah Komputer, Laptop dan Printerwarna saja, untuk memaksimalkannya kita bisa juga menyediakan mesin scanner. Didalam Laptop atau Komputer tentunya harus sudah terinstall program pengedit foto seperti software Coreldraw dan Adobe Photoshop. Kedua software pengedit foto ini adalah paling terkenal dan paling mudah digunakan ( banyak ebook, tutorial dan panduan penggunannya di Internet )

Untuk pelengkap lainnya, kita juga harus menyediakan kertas untuk untuk cetak undangannya, cutter pemotong kertas, pelipat, plastik untuk pengemasan kertas undangan dan lainnya.

Dengan peralatan seadanya seperti diatas kita sudah bisa membuka usaha percetakan undangan pernikahan kecil-kecilan, percetakan menggunakan PRINTER ini hanya bisa digunakan untuk pesanan dalam jumlah yang terbatas, tidak bisa mencetak skala yang besar. Serta ukuran cetak dari produk harus menyesuaikan ukuran dari printer yang digunakan, misalanya printer ukuran A4, maka kita hanya dapat mengerjakan produk cetakan dengan maksimal ukuran kertas A4 saja. Contoh produknya seperti cetak undangan pernikahan/khitanan/ulang tahun, brosur, stiker label nama anak, kartu nama, amplop, dan lainnya.

Untuk menjalankan usaha ini bisa mulai kita lakukan dengan sebuah Komputer, Laptop dan Printer warna saja, untuk memaksimalkannya kita bisa juga menyediakan mesin scanner. Didalam Laptop atau Komputer tentunya harus sudah terinstall program pengedit foto seperti software Coreldraw dan Adobe Photoshop. Kedua software pengedit foto ini adalah paling terkenal dan paling mudah digunakan ( banyak ebook, tutorial dan panduan penggunannya di Internet )

Untuk pelengkap lainnya, kita juga harus menyediakan kertas untuk untuk cetak undangannya, cutter pemotong kertas, pelipat, plastik untuk pengemasan kertas undangan dan lainnya.

Dengan peralatan seadanya seperti diatas kita sudah bisa membuka usaha percetakan undangan pernikahan kecil-kecilan, percetakan menggunakan PRINTER ini hanya bisa digunakan untuk pesanan dalam jumlah yang terbatas, tidak bisa mencetak skala yang besar. Serta ukuran cetak dari produk harus menyesuaikan ukuran dari printer yang digunakan, misalanya printer ukuran A4, maka kita hanya dapat mengerjakan produk cetakan dengan maksimal ukuran kertas A4 saja. Contoh produknya seperti cetak undangan pernikahan/khitanan/ulang tahun, brosur, stiker label nama anak, kartu nama, amplop, dan lainnya.Untuk usaha yang bisa dihasilkan dengan bantuan Komputer/Laptop dan Printer ini adalah seperti usaha percetakan undangan ini, usaha studio foto mini, usaha stiker label nama anak, usaha percetakan brosur, percetakan kalender, dan usaha percetakan kecil lainnya. Untuk info bisnis percetakan diatas bisa lihat ditulisan saya sebelumnya di sini DVD Pelatihan Bisnis Studio Foto Mini + Pelengkap Desainnya! dan DVD Pelatihan Usaha Stiker Label Nama Anak

Nah,,untuk ukuran cetak yang lebih besar maka kita perlu mesin large format printer atau wide format digital printer dengan ukuran yang lebih besar. Mesin printing besar ini biasa disebut dengan Mesin Digital Printing yang dapat mencetak hingga lebar 4 sampai 8 meter atau bahkan ada yang lebih lebar lagi. Akan tetapi mesin digital printer ukuran cetak besar ini memiliki kekurangan yaitu hanya dapat mencetak dalam jumlah terbatas.

Bila untuk mencetak dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang cepat maka diperlukan Mesin berbeda! Mesin percetakan besar ini biasa disebut dengan Mesin Cetak Offset. Cara kerjanya berbeda dari mesin printer biasa dan digital printing diatas!

Untuk tahap cetaknya sebagai berikut, produk yang sudah kita desain di Laptop atau Komputer dibuat film, plat cetak dan selanjutnya diproses dimesin cetak offset. Untuk info tentang mesin cetak offset dan mesin digital printing bisa lihat ditulisan saya sebelumnya disini
Perbedaan Mesin cetak Ofsett dan Mesin digital printing
Tips memulai usaha digital printing modal kecil
Cara Memulai usaha Percetakan Digital

Oke, kita lanjut kembali, Usaha Percetakan Undangan merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan, khususnya dalam dunia percetakan. Untuk modalnya usahanya pun tidak terlalu besar, hanya memerlukan Laptop atau Komputer dan printer kita sudah dapat memulainya!

Persaingan untuk usaha percetakan undangan ini memang terbilang cukup tinggi, untuk itu kita harus memiliki STRATEGI dan lebih KREATIF untuk dapat BERHASIL dalam usaha PERCETAKAN UNDANGAN PERNIKAHAN ini!

Misalnya seperti, memberi Bonus atau Diskon bila memesan lebih dari 50 kartu undangan, cara memberi diskon ini adalah strategi yang sangat ampuh untuk mendapatkan hati pelanggan, bila mereka puas, pastinya mereka akan ikut serta mempromosikan produk kita ke teman-temannya.

Stragegi lainnya seperti langsung menawarkan jasa kamu ke pihak yang akan mengadakan pesta, bahasa kerennya adalah cara jemput bola, cara ini juga sangat kratif dan efektif untuk mendapatkan pelanggan.

Kita juga perlu promosikan usaha baru kita dimulai dari orang-orang terdekat dahulu, dimulai dari teman dan tetangga dekat. Promosi juga bisa kita lakukan dengan alat bantu seperti brosur iklan, caranya dengan menempelkan ke tiang listrik, batang pohon, tembok tempat banyak orang berlalu lalang dan lainnya.

Promosi juga bisa kita lakukan dengan bantuan jejaring sosial (Internet) cara berpromosi ini juga sangat efektif, banyak yang telah berhasil dengan cara ini. Banyak strategi-strategi lainnya yang bisa kamu coba, kamu hanya butuh kekereatifan dalam berpromosi.

Untuk desain kartu undangan juga perlu di update yang terbaru, setidaknya kamu perlu mengkolesi desain-desain undangan, mulai dari desain undangan pernikahan, desain undangan ulang tahun dan desain undangan khitanan. Dengan memiliki desain-desain yang terbaru pastinya akan membuat para konsumen akan menilai percetakan undangan mana yang lebih bagus dan yang kurang bagus.

Sumber : hargaprinterepson.blogspot.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA