BONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES DENGAN METODE EFEKTIF DAN EFISIEN

BONGKAR RAHASIA BISNIS SUKSES DENGAN METODE EFEKTIF DAN EFISIEN
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Masih banyak sekali Business Owner kebingungan dan terjebak dengan pertanyaan semacam ini atau mungkin tidak paham perbedaan antara efektif dan efisien. Akhirnya hal ini berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan. Kenapa? Karena Business Owner melakukan pemborosan-pemborosan dalam bisnis yang tidak disadari dan dijalankan secara terus menerus. Business owner mendapat untung besar tetapi perusahaan merugi. Kok bisa? Nah, inilah yang akan kita bahas secara mendalam dalam artikel kali ini.

So, mari kita pelajari terlebih dahulu pertama-tama adalah apa yang membedakan bisnis yang efektif dengan bisnis yang efisien?

Bisnis Efektif dan Efisien

Bisnis yang efektif adalah bisnis yang terus-menerus menembus target. Mereka menggunakan cara-cara yang tepat, biaya yang cukup signifikan untuk mencapai target perusahaan. Jadi, efektifitas berkaitan dengan TARGET, WAKTU dan HASIL AKHIR.

Misal, jika saya bertanya seperti ini: apakah efektif membunuh lalat menggunakan meriam? Tentu efektif. Apakah efektif membunuh nyamuk dengan bom nuklir? Tentu efektif. Tetapi apakah yang Anda lakukan itu bisa dibilang efisien? Belum tentu. Apakah hasil akhirnya tercapai? Jawabannya tercapai. Namun dalam hal ini saya akan bertanya, apakah yang Anda lakukan bisa dicapai dengan biaya yang murah? Belum tentu.

Rumus Efektif dan Efisien

Rumus efektifitas dan efisien hampir sama. Jika dalam efisiensi, rumusnya adalah HASIL dibagi dengan SUMBER DAYA Anda. Misal, jika Anda ingin mengukur HASIL akhir Anda adalah omzet, kemudian SUMBER DAYA Anda adalah manusia. Penghitungannya adalah omzet dibagi jumlah manusia. Katakanlah omzet Anda sebesar Rp. 1 M dibagi jumlah manusia sebanyak 100 orang. Berarti 1 orang bisa menghasilkan Rp. 10 Ribu.

Cara Mencapai Bisnis Efektif dan Efisien

Nah, apabila jumlah karyawan yang 100 itu dikali dengan hasil akhir efisiensi yang Rp. 10 Ribu, maka hasilnya adalah 1 Milyar. Ini menunjukkan Anda bisa menghasilkan output dengan menggunakan sumber daya 100 orang. Tetapi ada juga yang menggunakan 50 orang, namun bisa mendapatkan hasil yang sama dengan 100 orang. Ini bisa jadi 50 orang lebih efisien daripada 100 orang. Nah, Inilah efisiensi.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA