Jumat, 21 Juli 2017 09:13:04
Dilihat sebanyak 1.924 kali

Bisnis Usaha Rengginang Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Rengginang Pekanbaru Riau
Bisnis Pekanbaru Inspirasi Bisnis

Bisnis Usaha Rengginang Pekanbaru Riau – Camilan berbahan baku beras ketan ini senantiasa dirindukan manakala minum teh dia teman karibnya, apa lagi saat santai pasti makin renyah suasananya dengan kehadiran dia yang gurih. Rengginang selain renyah juga gurih yang menjadikannya sulit dilupakan. Namun, tahukah Anda ternyata membuat rengginang itu tidak mudah juga membutuhkan keahlian dan beberapa teknik.
Beginilah tahap pembuatan rengginang:
Langkah pertama yang dilakukan adalah mencampur tepung beras ketan dengan air biasa dan direndam selama satu hari. Keesokan harinya, beras kentan yang sudah direndam dicampur dengan garam, terasi dan bumbu-bumbu lainnya.
Setelah dicampur barulah membentuk rengginang menjadi bulat-bulat. Kemudian dikeringkan dengan cara dijemur.
Apabila cuaca sedang panas penjemuran akan lebih cepat prosesnya. Namun, bila musim hujan, produksi akan terganggu karena penjemuran memakan waktu lebih lama. Sebenarnya, pengeringan bisa juga memakai oven khusus, hanya saja harganya mahal sekitar Rp 15 juta. Selama belum kering, rengginang tidak boleh diangkat. Bila dipaksakan digoreng, rasanya tidak enak untuk dikonsumsi.
Hal yang sulit dalam pembuatan rengginang adalah saat mencetak adonan. Dalam mencetak adonan, tangan harus terlatih kurang lebih tiga bulan. Jika cetakan kurang padat produksi yang dihasilkan tidak akan maksimal.
Sebagai camilan rengginang banyak diburu penggemarnya, biasanya dijual dalam bentuk mentah. Ada juga yang dijual sudah matang dan dikemas dalam kemasan plastik. Rengginang disukai oleh semua kalangan baik muda maupun tua, dan harganya juga terjangkau.

Anda dapat membidik celah pasar camilan yang masih terbuka lebar dengan memproduksi rengginang lain daripada yang lain. Mungkin Anda memiliki gagasan dan ide untuk memberikan rasa yang berbeda dari biasanya? Sumber : sinarsejahterakarawang

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status