Rabu, 24 Mei 2017 10:09:09
Dilihat sebanyak 1.594 kali

Bisnis Tour Guide di Pekanbaru Riau

Bisnis Tour Guide di Pekanbaru Riau
Bisnis Pekanbaru Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha Riau Bisnis

Bisnis Tour Guide di Pekanbaru Riau – Manusia modern saat ini memasukkan liburan sebagai sebuah kebutuhan utama. Melihat kenyataan ini, tentu memberikan peluang bisnis yang cukup besar. Kini ada tawaran bisnis dengan modal yang tak begitu banyak dan sangat menjanjikan keuntungan, tour guide.

1. Pahami tentang jasa Tour Guide

Bagi Anda yang sifatnya pemula dalam bisnis ini maka sebelum memulai baiknya memahami tentang bisnis yang akan digeluti khususnya tentang bisnis tour guide. Bisnis tour guide sendiri merupakan bisnis yang menyediakan penawaran jasa kepada mereka yang ingin mengunjungi atau menghabiskan waktunya untuk berlibur disuatu daerah sedangkan mereka tidak mengenal dengan baik daerah tersebut.

Melihat kebutuhan setiap orang akan pariwisata semakin meningkat maka bisnis ini memberikan keuntungan yang cukup besar bila saja dapat dijalankan dengan baik. Begitupun bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan tumpuan utamanya adalah memanfaatkan potensi wisata daerah yang dimiliki.

2. Mulai menyukai Jalan-jalan

Mulailah untuk menyukai kegiatan jalan-jalan karena bisnis yang akan Anda rintis bergelut di dunia jalan-jalan. Hal ini penting mengingat landasan jasa yang ditawarkan berasaskan liburan.

Sebelum Anda menjadi tour guide bagi orang lain maka berlatihlah untuk menjadi tour giude bagi diri sendiri dan mulai meyakini bahwa kegiatan liburan itu akan selalu menyenangkan. Kerjaan di bisnis ini memang akan cukup melelahkan jika Anda tidak menyukainya, maka dari itu agar bisnis ini menyenangkan maka mulailah menyukainya.

3. Ajak Teman-teman yang Memiliki Kemampuan Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing adalah bagian penting bagi bisnis yang Anda tawarkan karena bisa saja yang ingin mengunakan jasa tour guide adalah para turis mancaranegara yang berasal dari seluruh dunia. Tantangan yang akan dihadapi adalah permasalahan penguasaan bahasa asing. Maka untuk memantapkan para pelancong untuk memilih mengunakan jasa yang Anda tawarkan maka yakinkan mereka bahwa kemampuan bahasa asing yang dimiliki sangat memadai.

Sebagai pemilik usaha Anda tidak perlu menghafalkan semua bahasa. Akan tetapi ada baiknya melakukan hubungan mitra dengan mengajak teman-teman Anda untuk bergabung dan membantu membesarkan bisnis ini. Ini akan menguntungkan bisnis Anda dan sekaligus memberikan tambahan penghasilan bagi teman-teman yang ikut bergaung.

4. Pahami tempat-tempat wisata di daerah bisnis

Karena ini bisnis tentang liburan tentu tidak akan terpisahkan dari tempat-tempat wisata. Jika Anda sudah memiliki teman yang memiliki kemampuan bahasa asing selanjutnya adalah mempelajari dan memahami tempat-tempat wisata yang akan menjadi tujuan utama konsumen Anda.
Sebagai tour guide sudah menjad tugas apabila seorang pelanggan bertanya tentang sejarah, kuliner, atau apapun itu. Maka sebelumnya Anda harus mengerti terlebih dahulu.

5. Buat Grup Travelling di Jejaring Sosial

Hal utama yang harus dilakukan untuk mendapatkan konsumen adalah melakukan promosi di jejaring sosial. Jejaring sosial kini menjadi tempat promosi yang sangat efisien sebab seluruh masyarakat di dunia dapat terhubung satu sama lain melalui jejaring sosial. Dengan membuat grup travelling di jejaring sosial maka Anda akan mampu mengajak masyarakat untuk mengunjungi daerah Anda sekaligus menggunakan jasa tour guide yang ditawarkan. Lakukan komunikasi memalui jejaring sosial dengan efektif.

6. Buat Web untuk Mempromosikan (Gunakan Jasa RWD ya)

Buatlah web untuk mempromosikan tempat-tempat wisata di daerah Anda. Ini akan sangat membantu mereka yang akan berlibur untuk mengenali potensi daerah Anda. Desain dengan sangat menarik hingga mereka memantapkan diri untuk datang berlibur.

Setelah berhasil menarik minat konsumen Anda melalui jejaring sosial maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan mereka untuk mengunjungi web yang dimiliki. Melalui web tersebut mereka akan disediakan miniatur kecil untuk memperlihatkan tempat-tempat wisata yang ditawarkan. Sehingga mereka akan lebih tertarik dan mempercayakan menghabiskan liburannya bersama dengan jasa tour guide Anda.

7. Lakukan Kerjasama dengan Jasa Bus atau Penyewaan Mobil

Bisnis liburan selalu membutuhkan transportasi maka penting bagi Anda melakukan hubungan kerjasama dengan jasa bus maupun penyewaan mobil untuk mempermudah perjalanan konsumen Anda menuju tempat-temapt wisata yang mereka inginkan.

Hubungan kerjasama dengan pihak bus atau mobil ini sangat menunjang bisnis tour guide karena keberadaan dua bisnis ini saling bersinergi dan memberikan keuntungan masing-masing.

8. Lakukan kerjasama Dengan Beberapa Penginapan

Melakukan mitra dengan pihak lain merupakan hal yang penting dalam setiap bisnis tidak terkecuali bisnis tour guide. Sebagai bisnis yang bergerak dibidang liburan maka Anda perlu melakukan kerjasama dengan beberapa penginapan yang ada di lokasi kunjungan wisata nantinya. Ini akan memudahkan untuk pemesanan kamar penginapan jika konsumen Anda membutuhkan hal tersebut.

Dengan menjalin hubungan kerjasama sebelumnya maka akan terjadi hubungan saling percaya antara Anda dan pemilik penginapan. Sehingga kapan pun konsumen bisnis tour guide yang dirintis membutuhkan kamar untuk menginap maka si pemilihk penginapan segera menyiapkan.

9. Ramah

Dan bagian terakhir yang sabat mempengaruhi bisnis ini adalah keramahan Anda dan teman-teman yang diajak menjadi tour guide. Sikap ramah merupakan sikap yang harus dimiliki oleh seorang tour guide, karena dengan sikap tersebut orang dapat merasa nyaman ditemani berjalan-jalan dan mereka pun bisa santai.

Berikan keramahan terbaik Anda dalam mengajak mereka menikmati liburannya. Sehingga mereka pun akan senang untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Bahkan jika pelayanan yang diberikan merupakan pelayanan yang terbaik, mereka yang menggunakan jasa yang ditawarkan bisa menjadi media promosi untuk teman-teman mereka yang nantinya akan melakukan perjalanan liburan yang sama dengan kata lain mereka tidak kapok menghabiskan liburannya bersama bisnis tour guide Anda.

Itulah tadi 9 tips jika Anda ingin memulai bisnis tour guide. Bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan dan memiliki keuntungan yang cukup besar. Selain itu bisnis ini tak membutuhkan modal yang begitu banyak. Kapan lagi Anda bisa berbisnis sambil travelling. Ini saatnya memanfaatkann potensi yang ada di tempat Anda. Selamat mencoba. Sumber : bisnishack.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status