Bisnis Plan Budidaya Kedelai

Bisnis Plan Budidaya Kedelai
Inspirasi Bisnis

Sebagai salah satu tanaman penghasil protein nabati, kebutuhan kedelai di tingkat lokal maupun nasional masih cenderung sangat tinggi. Bahkan sekarang ini kedelai menjadi produk komoditas dagangan yang pasokannya di Indonesia sendiri masih belum tercukupi, sehingga beberapa pihak mulai melakukan impor kedelai untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya. Melihat tingginya kegiatan impor kedelai di negara Indonesia, tentunya memberikan sebuah indikator baru bagi kita semua bahwa peluang pasar kedelai sekarang ini masih sangat menjanjikan.Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis budidaya kedelai.

peluang usaha budidaya kedelai menjanjikan. Usaha kedelai ini mampu mendatangkan keuntungan setiap bulannya. Jadi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan peluang yang masih terbuka lebar ini. Kebutuhan akan kedelai yang tinggi bisa dimanfaatkan supaya mampu memenuhi kebutuhan para konsumen.

Info Usaha Budidaya Kedelai

Walaupun sudah banyak pembudidaya kacang kedelai namun belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. Tanaman kedelai ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Namun masih saja belum bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Kacang kedelai kaya akan manfaat memang menjadi salah satu hal yang membuat kedelai diminati banyak kalangan. Jadi usaha budidaya kedelai adalah usaha dengan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Untuk bisa menjalankan budidaua kedelai membutuhkan lahan luas dengan bibit unggulan. Mempelajari setiap proses pemdidayaan kedelai akan membantu mempermudah kegiatan mulai dari penanaman, perawatan, dan pemanenan.

Konsumen Kedelai

Sumber protein nabati ini sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama dan diolah menjadi bahan pangan untuk kebutuhan sehari – hari. Biasanya industri pengolahan kedelai yang membutuhkan stok kedelai untuk membuat aneka bahan makanan, seperti tempe, kecap, tauge, tauco, susu kedelai. Selain industry makanan, industry non makanan juga membutuhkan stok kedelai untuk membuat tinta cetak, industri farmasi, minyak kedelai, industry peternakan dan sebagainya. Semua indusrti tersebut dapat dijadikan sebagai target pemasaran hasil panen kedelai.

Kelebihan Usaha Budidaya Kedelai

Budidaya kedelai ini memiliki banyak kelebihan yang akan meningkatkan kesejahteraan. Dengan menghasilkan kedelai sendiri maka mampu memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri. Mengingat kebutuhan bahan kedelai sangat tinggi di Indonesia sampai pemerintah melakukan impor dari negara lain. Sehingga dapat dikatakan jika usaha pembudidayaan kedelai mempunyai prospek ekonomi strategis.Keuntungan pun akan didapatkan secara mudah bagi pelaku pembudidaya kedelai.

Pemasaran

Para petani kedelai ini melakukan pemasaran hasil panen melalui koperasi pada wilayah setempat. Petani juga menjual hasil panen kepada tengkulak dan meneruskan ke pedang besar dan kemudian didistribusikan ke industri yang membutuhkan kedelai. Namun bagi pemula atau petani kecil dapat menawarkan kedelai ini kepada pelaku usaha rumah tangga yang mengolah bahan kedelai. Permintaan pasar dari kedelai yang cukup tinggi membuat pemasaran dari kedelai sangat mudah. Harga jual kedelai pun cukup stabil sehingga menguntungkan aneka pihak.

Sukses Budidaya Kedelai

Jika ingin sukses dalam membudidayakan kedelai maka perlu melakukan pekerjaan pengelolaan lahan dengan baik. Menyiapkan lahan idela sebelum menenaminya dengan bibit kedelai. Melakukan proses pemupukan serta pemberantasan hama dengan rutin. Supaya produk kedelai diminati oleh konsumen sebaiknya mencari bibit kedelai unggulan supaya kegiatan budidaya menjadi mudah. Melakukan perawatan secara intensif agar tidak mengalami kerugian. Jika mengetahui banyak mengenai teknik budidaya kedelai pasti akan semakin mudah menghasilkan keuntungan karena hasil panen yang maksimal.

Sumber : bisnisukm.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA