Bersaing dengan Strategi Bisnis Katering Online

Bersaing dengan Strategi Bisnis Katering Online
Bisnis Online Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Tips Bisnis


Bersaing dengan Strategi Bisnis Katering Online – Menjalankan bisnis secara online kini lebih menjanjikan karena banyaknya orang yang terhubung dengan dunia digital dan mencari segala informasi melalui Internet. Membeli secara online saat ini juga sudah menjadi salah satu tren yang dianggap lebih efektif karena bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah dan mengantri.

Dengan adanya beberapa fakta tersebut, mau tidak mau, untuk mengantisipasi kerasnya persaingan bisnis, maka saat ini semakin banyak pengusaha yang mulai menggunakan strategi bisnis secara online, termasuk juga dalam bisnis katering.  Penggunaan promosi secara online dalam bisnis katering, selain dirasa lebih hemat biaya tentunya juga lebih mudah menjangkau target sasaran. Untuk siap bersaing dalam pemasaran bisnis katering secara online, Anda bisa menggunakan strategi bisnis berikut.

Membuat Akun Social Media

Ada banyak social media yang umum digunakan masyarakat Indonesia dan tentunya gratis. Jika ingin bisnis katering Anda cepat dikenal banyak orang, segera buat akun social media untuk mempromosikannya. Anda harus memiliki akun pada semua social media yang umum digunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, Path, dan sebagainta. Promosikan semua produk bisnis katering yang Anda tawarkan melalui akun tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membuat grup untuk memberikan update informasi mengenai produk yang Anda jual. Namun, dalam membuat akun social media, Anda juga harus melihat target pasar yang Anda tuju. Jika target Anda adalah anak muda, Anda bisa menggunakan Instagram. Namun, jika bisnis Anda menargetkan perusahaan, Anda bisa menggunakan LinkedIn.

Lakukan Komunikasi dengan Lancar

Dalam menjalankan sebuah pemasaran secara online, Anda tidak hanya dituntut untuk membuat akun social media tetapi juga harus siap melayani komunikasi kapan saja calon konsumen menghubungi. Sebaiknya Anda memiliki Whatsapp, BBM, Line, maupun Messenger karena inilah yang sering dipakai oleh orang-orang di era digital ini. Orang-orang lebih suka menghubungi dengan akun tersebut karena dirasa lebih hemat biaya. Oleh karena itu, cantumkan nomor telepon maupun user id Anda dalam setiap posting-an social media yang Anda buat.

Gabung dengan Grup yang Prospektif

Bisnis katering erat kaitannya dengan wanita, karena wanita memiliki kepekaan atau kepedulian yang lebih tinggi dalam penyediaan kebutuhan konsumsi. Dengan adanya fakta ini, sebuah strategi pemasaran online dapat difokuskan dengan bergabung melalui grup-grup social media yang mayoritas komunitas anggotanya adalah wanita atau ibu-ibu. Selain ibu-ibu, Anda juga bisa bergabung dengan grup profesi, misalnya pegawai bank atau guru, grup profesi ini biasanya secara rutin mengadakan acara pertemuan atau rapat, yang tentunya membutuhkan layanan jasa katering yang Anda miliki.

Tampilan Menu yang Menarik

Bisnis katering yang dipromosikan secara online, tentunya tidak bisa menyediakan tester yang bisa dicoba oleh calon pembeli terlebih dahulu. Karena hal tersebut, maka ada baiknya sebuah bisnis katering yang dipromosikan secara online, mencoba menarik perhatian dengan  menampilkan foto makanan yang menarik. Buatlah foto tampilan menu yang bagus dan lakukan sedikit editing gambar sebelum mempostingnya melalui social media atau pun media online lainnya. Kemudian beri deskripsi yang jelas tentang nama, harga, rasa, dan porsinya. Deskripsi yang baik dari sebuah gambar akan membantu calon konsumen untuk memilih produk katering dengan tepat dan meminimalkan kesalahan pemesanan.

Gunakan Testimoni

Testimoni dari seorang konsumen yang telah mencoba produk bisnis katerin  Anda akan memperkuat brand atau image dari bisnis tersebut. Mintalah para konsumen untuk meninggalkan pesan dan kesan dari produk katering yang pernah mereka coba dan berikanlah hadiah untuk konsumen yang memberi testimoni terbaik sebagai reward atau hadiah. Dengan adanya sebuah testimoni konsumen, maka para pembaca yang mengunjungi media promosi online Anda akan semakin yakin dan ingin mencoba produk catering tersebut.

Strategi pemasaran online ini selain terlihat lebih mudah, juga dapat menghemat waktu karena semua tips pemasarannya bisa dijalankan dari satu tempat. Namun, satu hal yang  tetap harus dipahami bahwa semua strategi pemasaran bisnis katering baik offline maupun online harus didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik agar bisa mendukung suatu strategi pemasaran secara maksimal.

Sumber :jurnal.id