Begini Cara Menggunakan WhatsApp Business! Simak Selengkapnya

Begini Cara Menggunakan WhatsApp Business! Simak Selengkapnya
Inspirasi Bisnis Tips Bisnis

Bisnis Riau, JAKARTA – WhatsApp telah menghadirkan versi WhatsApp Business yang bisa diunduh secara gratis dan dirancang untuk pemilik bisnis kecil. Dengan aplikasi ini, pebisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan dengan lebih mudah.

Ada beberapa fitur yang dihadirkan untuk WhatsApp Business seperti fitur untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan secara cepat. Berikut ini cara menggunakan WhatsApp Business.

Setelah pengguna mengunduh WhatsApp Business di toko aplikasi Google Play, pengguna bisa mulai membuka aplikasi. Tampilan awal memerlukan pengguna untuk mengklik tombol ‘Agree and Continue’.

Kemudian, tampilan layar membawa pengguna menuju jendela popup, tekan Continue dan tekan Allow terkait perizinan aplikasi mengakses kontak serta foto, media dan file pada perangkat pengguna.

Lalu, pengguna harus memasukkan nomor ponsel yang hendak didaftarkan. Umumnya, sistem akan mengetahui kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.

Pada tahap berikutnya, pengguna bisa menuliskan nama bisnis dan opsi profil foto pengguna. Tertulis peringatan bahwa apabila pengguna telah menetapkan nama bisnis, maka nama bisnis ini tidak bisa diubah lagi di lain kesempatan.

Setelah itu, pengguna kini sudah bisa memakai WhatsApp Business untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Beberapa hal yang bisa pengguna lakukan seperti mengubah profil bisnis.

Untuk mengubah profil bisnis dan keterangan mengenai bisnis pengguna, pengguna bisa mengakses Settings, Business Settings. Pengguna bisa menemukan tampilan yang memungkinkan untuk menulis kategori bisnis, deskripsi bisnis, jam bisnis, alamat email serta lokasi.

Selain itu, fitur menarik pada WhatsApp Business ialah kemampuan membalas cepat. Hal ini memungkinkan karena aplikasi bisa membaca suatu kata kunci.

Caranya ialah, pengguna bisa membuka Settings, lalu Business Settings, kemudian Quick Replies. Ada satu kalimat ‘quick replies’ atau balasan cepat yang telah muncul secara default, yakni /thanks.

Pengguna bisa menambahkan quick replies lain, seperti misalnya permohonan maaf. Caranya, pengguna bisa menuliskan pesan permohonan maaf pada ‘Add quick reply’ dan tuliskan kata kunci ‘maaf’ pada shortcut.

Lalu, tekan tombol Save. Kini, setiap kali pengguna menuliskan kata kunci /maaf, sistem akan mengetahui dan dapat mengirimkan kalimat permohonan maaf pengguna.

Sumber : okezone.com

About Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA