ALASAN PRODUK BARU GAGAL DI PASAR

ALASAN PRODUK BARU GAGAL DI PASAR
Advertising Inspirasi Bisnis


BeritaUKM,Riau-Memulai bisnis dengan menawarkan produk baru di pasar bukan hal yang mudah. Termasuk salah satunya Anda harus melakukan edukasi pasar tentang kebutuhan produk tersebut.Kenapa orang harus membeli dan menggunakannya. Berbeda dengan produk lama yang sudah terbukti laku, lalu Anda memposisikan diri sebagai reseller atau dropshiper yang hanya butuh penetrasi pasar kecil dan barang bisa laku keras.

Jika Anda termasuk pebisnis baru yang baru melakukan inovasi produk, bukan hal mudah untuk memasukkan ke dalam pasar. Seringkali pasti produk gagal di pasar alias tidak laku jika tidak ditangani dengan benar. Kenapa bisa demikian? Simak berbagai alasan kenapa produk bisa jadi gagal di pasaran berikut ini.

1. PERIKLANAN YANG TIDAK OPTIMAL

mc D1

Bayangkan betapa kesalnya Anda jika barang sudah sangat berkualitas, multi fungsi, awet dan pasti dibutuhkan konsumen.

Sedangkan competitor sangat jarang. Tapi produk tidak juga laku. Bisa jadi ini adalah faktor periklanan yang kurang optimal. Sebagus apapun produknya Anda tetap harus menyertai dengan iklan yang menarik, marketing yang jitu dan sasaran pasar yang tepat.

Bisa jadi Anda memasarkan pada orang yang tidak membutuhkan atau bukan target market yang ideal. Iklan dan marketing tidak bisa dipisahkan untuk itu pastikan selalu menjadi bagian penting dari penetrasi pasar produk baru.

2. KURANG WAKTU, BIAYA ATAU IDE

 

Untuk menciptakan produk baru tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu seketika. Saat produk belum siap masuk pasar ternyata anda mamaksakan untuk dijual maka hasilnya justru memperburuk produk itu sendiri. Jadi pastikan waktunya ideal untuk menjual, di saat market membutuhkan dan produk sudah siap memenuhi kebutuhannya.

Maka akan dibutuhkan biaya dan ide pemasaran yang tidak sedikit. Jika anda sudah memulai dengan iklan besar-besaran tapi biaya produksi terbatas justu membuat pasar kecewa dan kita tidak bisa memaksimalkan penyerapan produk. Akhirnya produk tidak bisa bertahan di pasar dalam jangka panjang.

3. PERSAINGAN TERLALU TINGGI

 

Jika ingin menciptakan produk terserap pasar jangka panjang maka pastikan persaingan pasar rendah. Tapi jika berani berkompetisi dan siap menciptakan produk yang lebih baik maka Anda bisa menciptakan produk yang paling ramai di pasaran. Misalnya untuk pasar e-commerse yang tertinggi adalah produk pakaian dengan presentase mencapai 67,10% disusul oleh sepatu dan tas.

Coba renungkan, bisa jadi produk Anda yang tidak laku karena persaingan terlalu ketat dan Anda belum siap berhadapan langsung dengan market leader. Putar haluan atau lakukan inovasi yang berbeda tentu akan lebih baik untuk produk Anda.

4. DISPLAY BARANG TIDAK SESUAI

949-display

Khusus untuk penjualan barang melalui online terkadang bisa menyebabkan gagal pasar Karena barang yang di display berbeda dengan aslinya.


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA