6 Cara Jualan Online Modal Kecil Bagi Pemula, Garansi Jualan Laris

6 Cara Jualan Online Modal Kecil Bagi Pemula, Garansi Jualan Laris
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Perkembangan bisnis online belakangan ini semakin pesat, dengan didukung oleh  banyaknya infrastruktur oleh banyak vendor internet provider, menjamurnya situs marketplace, dan tumbuhnya startup-startup baru dan kesadaran pengguna internet yang semakin dewasa dengan ditandai dengan meningkatnya transaksi online dengan pertumbuhan yang luar biasa cepat.

Mau tidak mau, suka tidak suka penggiat bisnis riil yang sudah mapan ataupun wirausaha pemula harus segera membuat rancangan pemasaran melalui internet (internet marketing) atau kebanyakan orang menyebutnya dengan bisnis online. Lalu kiat apa saja yang harus di kuasai dan dipersiapkan seorang pemula untuk terjun ke bisnis online atau jualan produk secara online? saya akan memberikan beberapa 6 kiat atau Cara Jualan Online Modal Kecil yang wajib anda lakukan :


1. Kuasai Dan Pahami Produk Anda

Ada 2 macam objek yang bisa anda jual, yaitu produk barang dan jasa. Sebelum anda memulai bisnis online, Anda harus tahu produk apa yang akan Anda tawarkan. Produk knowledge sangat penting untuk anda kuasai. Lalu dari manakah produk tersebut anda bisa dapatkan, apakah  anda produksi sendiri? atau beli dari distributor? ataukah dengan sistem dropship? setiap sistem memiliki teknik pengelolaan yang berbeda.  Selain produk fisik, Anda juga bisa menjual produk digital seperti tiket online, video tutorial, pulsa dan lain sebagainya.

2. Gunakan Marketplace Jual Beli Gratis – Siapbisnis.com

Anda wajib menggunakan marketplace jual beli gratis siapbisnis.com, karena situs ini memiliki jenis kategori yang lengkap, anda bisa jualan apa saja dan posting setiap jenis produk sebanyak yang anda mau di siapbisnis.com dan semuanya gratis, situs ini memiliki fitur yang bagus untuk memasarkan produk-produk anda secara online, dari kebutuhan peralatan rumah tangga sampai kebutuhan industri, baik produk barang ataupun jasa maupun kerjasama bisnis, sistem pendaftaran yang sangat mudah yang di rancang sangat simpel.

3. Gunakan Sosial Media

 

Salah satu cara untuk mengenalkan produk atau jasa Anda kepada para netizen adalah dengan memanfaatkan media sosial. cara ini termasuk cara jualan online modal kecil namun untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan fitur sosial media ads (berbayar) yang sudah disediakan oleh setiap sosial media.Anda juga bisa meng endorse seleb sosial media, tentunya imagenya harus relevan dengan produk yang anda jual. Beberapa sosial media yang bisa Anda gunakan adalah Instagram, Blackberry, G+, Messenger, Twitter dan Facebook.

Facebook
Anda harus membuat Facebook page untuk memposting barang yang anda jual, gunakanlah foto profil yang paling sesuai untuk mewakili bisnis Anda. Di dalam Facebook page Anda wajib memberikan deskripsi secara mendetail tentang bisnis dan produk Anda. Agar bisa meledakan penjualan anda, setidaknya anda memiliki 100.000 Fans yang sangat tertarget. Memiliki Fans 100.000 bukanlah hal yang mustahil, jika anda mau bekerja keras jumlah segitu sangat bisa anda dapatkan.

Instagram
Tingkat engagement atau keterlibatan di Facebook, hanya sekitar 0,05% -1%, sedangkan pada Instagram, tingkat engagement atau keterlibatan mencapai 4,21%. Ini berarti postingan di Instagram akan mendapat respon lebih dari pada postingan di Facebook. Setiap foto produk yang Anda Upload di Instagram harus menggunakan hashtag yang relevan (#) dan disertai dengan deskripsi singkat dan terperinci. rekomendasi saya perbanyaklah follower anda, rekomendasi saya anda memiliki follower 200.000 lebih.

Blackberry Messenger
Jaringan sosial ini bisa Anda gunakan sebagai sarana komunikasi dan tanya jawab antara konsumen dan customer service anda. Pada tahap inilah konversi penjualan di tentukan, anda sebaiknya memiliki customer service tersendiri untuk menghandle calon pembeli. Ada beberapa pilihan jejaring sosial lainnya yang menawarkan layanan serupa seperti LINE, Whatsapp atau WeChat.

Selain murah dan mudah, pemasaran dengan sosial media tergolong cepat dan instan, ini juga termasuk cara jualan online modal kecil yang direkomendasikan. Dan meskipun media sosial sangat bermanfaat, namun harus diingat bahwa media sosial bukanlah tempat utama bisnis online anda. Langkah selanjutnya adalah membangun atau membuat website untuk bisnis online anda sendiri, istilah keren nya adalah landing page.

4. Membuat Website Pribadi

Memang untuk tahap awal, Anda bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan bisnis Anda atau beriklan di situs web orang lain yang memiliki lalu lintas tinggi. Tapi agar bisnis anda berkembang dengan baik dan memiliki reputasi yang bagus, Anda harus memiliki website sendiri dimana website tersebut akan memberikan informasi secara detail terkait bisnis dan produk yang anda jual.

Dengan teknik SEO yang baik anda akan bisa mendatangkan visitor dari Search Engine langsung ke website anda, Rekomendasi saya minimal 1.000 visitor tertarget per hari dari Search Engine sudah cukup untuk membuat penjualan anda stabil.

Dibutuhkan biaya yang relatif murah untuk membuat website, seperti biaya hosting yang bagus, per tahun sekitar Rp1.500.000,- dan biaya domain sekitar Rp100.000 per tahun. Berarti per bulan anda mengeluarkan biaya tidak lebih dari Rp150.000,- dimana jika biaya ini dibandingkan akan jauh lebih kecil dari sewa tempat usaha yang berupa ruko atau kios.

5. Lakukan Pemasaran Yang Tepat

Secara garis besar ada 3 motif pengguna internet, pertama orang yang mencari informasi, kedua orang yang mencari hiburan dan yang terakhir adalah para shoper atau para membeli produk atau jasa. Dengan menggunakan konten pemasaran yang tepat dan tertarget, maka Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda dengan efektif dan efisien.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA