5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis

5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Bagi seorang entrepreneur, menjalankan roda bisnis tentu merupakan sebuah langkah yang menciptakan tantangan tersendiri. Hal ini karena bisnis yang dijalankan bisa memunculkan dua kemungkinan sukses atau gagal. Begitu rupa tantangan dan rintangan akan dihadapi pebisnis saat mengarungi perjalanan bisnisnya.Meskipun banyak pebisnis yang menganggap bahwa tantangan dan kondisi tak tentu dari bisnis merupakan sebuah hal yang bersifat wajar dan biasa, namun banyak juga pebisnis yang ketar-ketir menghadapi situasi ini.

1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis

pertama dari business plan adalah untuk merancang strategi dan rencana awal bisnis Anda. Sebuah usaha yang baru tentu saja akan sulit berkembang jika dijalankan tanpa sebuah panduan dan rancangan. Maka dengan menyusun sebuah rencana bisnis, Anda akan lebih terarah dan terorientasi menuju jalan yang benar menuju kesuksesan bisnis.

 

 2. Mencari Sumber Dana

Manfaat lain dari rencana bisnis yang telah Anda susun adalah untuk mendatangkan pemodal yang membantu bisnis Anda. Ya secara tidak langsung, rencana atau rancangan bisnis yang telah Anda buat bisa menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal yang akan membantu Anda mendapatkan investor

3. Membuat Bisnis Anda Lebih Fokus dan Terarah

Dunia bisnis yang begitu luas tentu akan membuat banyak pilihan dan akhirnya menjadikan pebisnis kebingungan dibuatnya. Maka agar tidak diombang-ambing dengan banyak pilihan dan tawaran serta beragam cara menjalankan bisnis yang ada, pebisnis perlu menyusun sebuah business plan atau rencana dan rancangan bisnis. Dengan adanya rencana bisnis ini Anda akan lebih fokus dan terarah dalam menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis serta jenis pemasaran yang akan Anda gunakan.

4. Memprediksi Masa Depan

Kegunaan dan manfaat berikutnya dari business plan adalah memprediksi masa depan bisnis Anda. Tentu ketika Anda menyusun rencana bisnis, Anda akan membuat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis Anda.

 

5. Untuk Menaikkan Level Bisnis Anda

Terakhir, kegunaan dan manfaat dari adanya business plan adalah adanya kesempatan untuk menaikkan level bisnis Anda. Rencana dan rancangan bisnis yang disusun dengan baik akan membawa gairah tersendiri bagi Anda sebagai pebisnis untuk menjalankan roda usaha.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA